Lawan Covid-19, KKP Bakal Periksa Penumpang Dengan Rapid Test

Kepala KKP Babel, Bangun C Utomo.(dwi/wb)
Kepala KKP Babel, Bangun C Utomo.(dwi/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bakal melakukan pemeriksaan kepada penumpang yang masuk ke Babel, baik melalui bandara mau pun pelabuhan.

"Hal ini dilakukan untuk mencegah dan penyebaran Covid-19, yang masuknya melalui pintu masuk pulau seperti bandara dan pelabuhan," kata Kepala KKP Babel, Bangun C Utomo di Pangkalpinang, Sabtu (4/4/2020).

"Rapid Tes yang kami gunakan untuk masyarakat ini dibantu dari Pusat Komando Pengendalian dan Operasional (Puskodalops) Covid-19 Babel," ujarnya.

Dijelaskannya, Rapid Tes yang diterima sebanyak 100 buah khusus masyarakat, baik penumpang atau pun anak buah kapal (ABK) di pelabuhan dan bandara.

"Jika untuk perawat atau petugas kami sendiri, kami sudah mengajukan ke pusat, dan kami masih menunggu itu dari pusat," jelas Bangun.

Bangun C Utomo menambahkan, pemeriksaan penumpang dari bandara dan pelabuhan ini dikhususkan untuk mereka yang merasa demam atau sakit, sehingga dapat diketahui dan dideteksi dini kesehatan warga bersangkutan demi kebaikan bersama.

"Kalau demam atau sakit akan diperiksa, upaya deteksi dini kemudian jika hasil positif dilanjutkan ke petugas medis atau Dinas Kesehatan supaya dapat segera ditangani," paparnya.

"Disini sebagai upaya awal kami mencegah dan mengantisipasi penyebaran Covid-19, demi kebaikan bersama masyarakat Babel," pungkas Bangun.(dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL