Waspada Virus Corona, Enam Orang di Babel Berstatus PDP

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Mikron Antariksa.(dwi/wb)
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Mikron Antariksa.(dwi/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Masyarakat harus bisa membedakan atau mengetahui apa yang dimaksud dengan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pengawasan (ODP) serta suspect, sehingga tidak menimbulkan pemahaman yang salah di masyarakat.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Mikron Antariksa.

"PDP itu merupakan orang yang diisolasi di rumah sakit, kalau orang dalam pengawasan (ODP) itu adalah orang yang sudah menjalani pemeriksaan kesehatan di rumah sakit, kemudian mengisolasikan diri di rumah atau isolasi mandiri," jelas Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Kamis (19/3/2020).

"Kalau suspect itu kan bahasanya terlalu kasar untuk kesehatan bagi orang yang diduga penderita, namun sama saja dengan PDP," ujarnya.

Dijelaskannya, berdasarkan data yang ada hingga saat ini ada sembilan orang yang PDP di Belitung, sedangkan di Bangka ada satu orang PDP.

"Empat orang yang di Belitung itu sudah ODP, sedangkan lima masih PDP dan mendapat penanganan di Rumah Sakit Marsidi Udono, hingga saat ini masih menunggu hasil laboratorium," imbuh Mikron.

"Di Bangka masih satu PDP, dan masih mendapat penanganan di Rumah Sakit Umum Daerah Depati Hamzah, sama masih menunggu hasil lab," paparnya.

Mikron menambahkan dalam waktu dekat satuan tugas pencegahan dan antisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di Babel akan melaunching web.gtcovid-19pemprovbabel.co.id, sehingga masyarakat dapat mengetahui kondisi dan perkembangan penanganan pencegahan dan antisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

"Rencana Senin depan (23/3/2020) sekaligus launching posko pencegahan dan antisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di Babel berlokasi di ruang VIP bandara lama," kata Mikron.

"Hingga saat ini mereka yang PDP belum ada yang positif Corona atau Covid-19, kami imbau ke masyarakat tidak panik, namun tetap meningkatkan kewaspadaan dengan meningkatkan kesehatan dan mengurangi keluar jika memang tidak penting," tukas Mikron.(dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL