Kodi-Rusliadi Masih ‘Digantung' KPU Bangka Selatan

Aston    •    Selasa, 03 Maret 2020 | 14:07 WIB
Pilkada
Komisioner KPU Bangka Selatan, Budi Wardoyo.(as/wb)
Komisioner KPU Bangka Selatan, Budi Wardoyo.(as/wb)

TOBOALI,www.wowbabel.com --Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Selatan (Basel) telah selesai melakukan tahapan verifikasi administrasi bakal pasangan calon perorangan alias independen Kodi-Rusliadi. Namun KPU dan Bawaslu beda persepsi sehingga berkas syarat dukungan belum  diplenokan oleh KPU kendati sudah selesai dilakukan verifikasi.

"Iya proses verifikasi administrasi dan kegandaan syarat dukungan Kodi-Rusliadi telah selesai tadi malam (Senin--red) pukul 22.00 WIB, tapi belum diplenokan karena masih ada perbedaan pemahaman KPU dengan Bawaslu terkait data syarat dukungan yang dianggap tidak memenuhi syarat," ungkap Komisioner KPU  Bangka Selatan, Budi Wardoyo, Selasa (3/3/2020).

Hanya KPU tidak menjelaskan secara rinci perbedaan persepsi antara KPU dan Bawaslu.

"Akan kita kroscek lagi kevalitan data, penelitian ulang jangan sampai salah angka," imbuh Budi.

Namun, hasil proses verifikasi administrasi versi sementara KPU bahwa, syarat dukungan pasangan calon perorangan Kodi-Rusliadi memenuhi syarat minimal dukungan, yakni sebanyak 15.038 dukungan dari minimal syarat dukungan 12.766 dukungan.

Ia mengatakan,  hanya terdapat 47 syarat dukungan Kodi-Rusliadi yang dianggap tidak memenuhi syarat alias TMS (tidak memenuhi syarat) dari total 15.085 dukungan yang diterima KPU pada tahap pertama pengecekan jumlah syarat dukungan dan sebaran.

"Data sementara yang tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 47 dukungan," ungkapnya.

Menurutnya, syarat dukungan yang dianggap tidak memenuhi syarat didominasi wilayah administrasi dukungan. 

"Contohnya pemberi dukungan ber-KTP Kelurahan Tanjung Ketapang tapi memberikan dukungan diluar administrasi PPS (panitia pemungutan suara) Kelurahan Tanjung Ketapang," terang  Budi.

Ditambahkan  Budi, pihaknya masih ada waktu untuk memvalidkan data syarat dukungan Kodi-Rusliadi karena proses tahapan vetifikasi administrasi dan kegandaan berakhir hingga 25 Maret mendatang.(as/wb)

 



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE