Belasan Sekolah di Basel Dapat Dana BOS Afirmasi Sekolah Tertinggal

Aston    •    Minggu, 23 Februari 2020 | 16:11 WIB
Lokal
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

TOBOALI,www.wowbabel.com -- Pemerintah pusat telah mengucurkan dana pendidikan biaya operasional sekolah (BOS). Alokasi anggaran naik 6,35 persen sebesar Rp 54,32 triliun di tahun 2020 ini.

Program dana BOS sendiri terdapat tiga bagian terdiei BOS reguler, kinerja dan BOS afirmasi. Dana BOS kinerja dialokasikan untuk sekolah berkinerja baik, sementara BOS afirmasi untuk mendukung sekolah daerah tertinggal, transmigrasi, terluar (3T).

Di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Provinsi Babel, hampir seluruh sekolah sudah ditransfer dana BOS reguler. Disamping itu, sekolah di Basel ada yang menerima kucuran dana BOS kinerja dan afirmasi. BOS Kinerja tercatat hanya ada dua sekolah SD dan SMP dapat kucuran dana BOS kinerja.

Namun, untuk BOS afirmasi total ada 14 sekolah SD dan SMP di Basel yang mendapat kucuran BOS afirmasi. Dua sekolah penerima BOS kinerja , yakni SD N 5 Payung Kecamatan Payung, dan SMP N 2 Toboali Kecamatan Toboali. Sementara tingkat sekolah sekolah dasar (SD) penerima BOS afirmasi terdapat di dua sekolah yang ada di Kecamatan Payung, yakni SD N 6 da SD N 12. Satu sekolah di Kecamatan Toboali, yakni SD N 30. Satu sekolah sekolah di Kecamatan Kepulauan Pongok, yakni SD N 2. Satu sekolah di Kecamatan Lepar Pongok, yakni SD N 4. Satu sekolah di Kecamatan Simpang Rimba, yakni SD N 4. Dan satu sekolah di Kecmatan Pulau Besar, yakni SD N 1. Sedangkan tingkat sekolah menengah pertama (SMP) penerima dana BOS afirmasi terdapat di dua sekolah di Kecamatan Air Gegas, yakni SMP N 2 dan SMP N 6.

Satu sekolah di Kecamatan Simpang Rimba, yakni SMP N 2. Dua sekolah di Kecamatan Lepar Pongok, yakni SMP N 2 dan SMP N 3, dan dua sekolah di Kecamatan Payung, yakni SMP N 2 dan SMP N 3.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bangka Selatan, membenarkan ada satu sekolah dasar dan satu sekolah menengah pertama yang menerima dana BOS Kinerja.

Sementara sekolah peneriman dana BOS Afirmasi total ada 14 sekolah terdiri 7 sekolah dasar dan 7 sekolah menengah pertama.

"Ya, ada dua sekolah satu sekolah dasar dan satu sekolah menengah pertama. Sementara sekolah peneriman bos afirmasi total ada 14 sekolah, 7 sekolah dasar dan 7 sekolah menengah pertama, " kata Kepala Dinas melalui Kabid Pembinaan SD, Firman.

Ia mengatakan, saat ini dana BOS kinerja dan afirmasi belum masuk ke sekolah-sekolah penerima di Bangka Selatan. "Belum masuk, biasanya menjelang akhir tahun setelah selesai penilaian," tukas Firman.(as/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL