Erzaldi Rosman Resmikan DC Berkah Mart

Dwi H Putra    •    Jumat, 21 Februari 2020 | 16:28 WIB
Ekonomi
Gubernur Babel Erzaldi Rosman Resmikan DC Berkah Mart, didampingi Direktur BUMD Saparudin. (Dwi HP/wowbabel)
Gubernur Babel Erzaldi Rosman Resmikan DC Berkah Mart, didampingi Direktur BUMD Saparudin. (Dwi HP/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, meresmikan Distribution Center (DC) Berkah Mart yang berlokasi di Jalan Air Mangkok, Kelurahan Bacang, Kecamatan Bukit Intan.

DC Berkah Mart merupakan distributor resmi milik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Babel, yakni PT Bumi Bangka Belitung Sejahtera (B3S) yang nantinya akan menjadi distributor bagi Berkah Mart yang dikelola badan usaha milik desa (BUMDes). 

"Berkah Mart dimulai tahun 2017 dimulai dari bantuan kepada desa-desa, lalu pada tahun 2018 dilakukan evaluasi, selanjutnya 2019 kemudian tercipta skema terkait realisasi dan keaktifan Berkah Mart ini yang dikelola BUMD Provinsi Babel," kata Erzaldi Rosman di Pangkalpinang, Jumat (21/2/2020). 

"Kami menargetkan pada 2020 ini akan berdiri 200 outlet Berkah Mart di Babel, saat ini baru ada 80 outlet," ujarnya. 

Erzaldi menjelaskan saat ini Berkah Mart semuanya masih tipe C atau paling kecil dan dikelola BUMDes, pada tahun 2020 ini nantinya bakal ada lima tipe A yakni di Koba, Kelapa, Pangkalpinang dan Belinyu. 

"Untuk tipe A ini tidak dikelola oleh BUMDes tapi perseorangan atau pribadi, tapi barang yang dibeli harus membeli di DC Mart, sesuai harga yang sudah ditentukan," jelas Erzaldi. 

Pada tahun 2020 ini juga DC Berkah Mart bekerjasama dengan BRI Syariah, menyalurkan dana KUR sebesar Rp200 juta bagi Berkah Mart, dana ini nantinya digunakan untuk pengadaan tabung gas elpiji, peningkatan tipe dari C menjadi B dan sebagai modal membeli lada petani. 



MEDSOS WOWBABEL