Gelombang Perairan Babel Capai Dua Meter

BMKG Pangkalpinang.(net)
BMKG Pangkalpinang.(net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- BMKG Kota Pangkalpinang memberikan peringatan dini mengenai pasang maksimum air laut di empat wilayah pesisir Kepulauan Bangka Belitung yang diprakirakan mencapai lebih dua meter.

Peringatan dini pasang air laut maksimum ini berlaku 24 jam, mulai pukul 01.00 WIB, Sabtu (23/1/2020).

Selain itu pada tanggal yang sama pada pukul 07.00 WIB, BMKG Kota Pangkalpinang juga merilis peringatan dini waspada potensi gelombang jalur penyeberangan Bangka Belitung, serta waspada adanya potensi awan Cumulonimbus yang dapat menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Wilayah yang berpotensi pasang maksimum air laut mencapai lebih dari dua meter atau lebih berpeluang terjadi di Sungailiat Kabupaten Bangka, Toboali Bangka Selatan, Membalong Kabupaten Belitung, Kelapa Kampit Kabupaten Belitung timur serta Pangkalpinang memiliki pasang surut setipe dengan Sungailiat.

Pasang air laut maksimum di bawah dua meter dapat terjadi di wilayah Mentok Kabupaten Bangka Barat, Belinyu Kabupaten Bangka dan Tanjungpandan Belitung.

Peringatan dini ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,75 meter, Selat Karimata 0,5 sampai 1,0 meter dan Utara Bangka 0,5 sampai 1,5 meter. Sedangkan di selat Gelasa 0,5 dan Selatan Bangka sekitar antara 0,5 sampai 1,0 meter.

Masih pada tanggal yang sama, laman resmi BMKG juga mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada siang dan sore hari di wilayah Kabupaten Bangka Selatan, dan Belitung Timur.(hen/wb)



MEDSOS WOWBABEL