Sebelas Persyaratan Pembentukan Bangka Utara Nyaris Lengkap

Firman    •    Jumat, 17 Januari 2020 | 21:29 WIB
Lokal
Bambang Patijaya. (Firman/wowbabel)
Bambang Patijaya. (Firman/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Pembentukan Kabupaten Bangka Utara, menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) yang memiliki sebelas persyaratan hampir semuanya tercukupi.

Hal itu disampaikan, Anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung (Babel) Bambang Patijaya, usai menghadiri rapat paripurna penyampaian pembentukan Daerah Otonomi Daerah, dan persetujuan fraksi-fraksi DPRD Babel, Jumat (17/1/2020) di kantor DPRD Babel.

"Dari sebelas persyaratan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) hampir semuanya tercukupi," kata Bambang Patijaya yang akrab disapa BPJ ini.

Selain itu menurut politisi Golkar ini, hal ini nantinya hanya tinggal di bawa ke pusat ke Kementerian Dalam Negeri, DPR RI khususnya komisi II, dan tinggal loby-loby.

"Nanti untuk pengesahannya Daerah Otonomi Baru Kabupaten Kepulauan Bangka Utara ini, hanya tinggal masalah teknis permasalahan moratoriumnya saja," ungkap BPJ.

Ditambahkan BPJ, pemekaran daerah baru ini bukan hanya di provinsi Bangka Belitung saja, tapi daerah lain pun banyak.

"Tapi saya katakan persyaratan pembentukan Bangka Utara inilah, yang paling lengkap persyaratannya, dan saya pun sudah lihat daerah lain, tapi belum disetujui DPRD dan gubernurnya. Sedangkan daerah kita Bangka Belitung, semuanya sudah setuju dan komplit, jadi tidak ada alasan lagi, untuk tidak jadi Kabupaten Bangka Utara, begitu moratoriumnya dicabut ini langsung jadi," terangnya.

Lanjutnya, apa lagi saat ini DOB, Kabupaten Kepulauan Bangka Utara ini, merupakan Kabupaten yang terdepan untuk disahkan nantinya.

"Kunci dari DOB ini, pintu terakhirnya ada di Kemendagri, ketika sudah dicabut atau dibuka sudah selesai, dan dukungan masyarakat pun dari semua pihak, menilai Kabupaten Bangka Utara sudah layak jadi Kabupaten Baru," tukas Bambang Patijaya. (Firman/wb)



Tags :
MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE