Makin Berani, Penambangan Liar Rambah Puncak Menumbing

Chairul Aprizal    •    Jumat, 10 Januari 2020 | 09:09 WIB
Lokal
Anggota Satpol PP Bangka Barat saat mengamankan peralatan tambang liar di Bukit Menumbing.(ist)
Anggota Satpol PP Bangka Barat saat mengamankan peralatan tambang liar di Bukit Menumbing.(ist)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Anggota Satpol PP Bangka Barat kembali menemukam aktivitas penambangan liar di Bukit Menumbing, Kamis (9/1/2020).

Padahal sebelumnya Satpol PP Kabupaten Bangka Barat tak henti-hentinya berpatroli dan mengusir para penambang liar di sekitar kawasan Bukit Menumbing. Namun tak juga jera para penambang liar tetap nekat beraktivitas.

Kabid Penegakan Produk Hukum Daerah Des Kurniawan seizin Kasat Pol PP menyampaikan sudah seringkali ditemukan barang-barang bukti penambang liar namun selalu tak ditemukan pemilik dan pelakunya.

Des mengungkapkan kali ini lebih parah lagi karena Tambang Inkonvensional (TI) terjadi di puncak Bukit Menumbing yang biasanya hanya dilakukan di kaki Bukit Menumbing.

Des Kurniawan mengatakan bahwa aktifitas penambangan ilegal liar sudah semakin kebablasan karena sudah lebih berani merusak bagian puncak.

"Hari ini sekitar pukul 2, Satpol PP Bangka Barat berhasil menemukan aktivitas TI di kawasan Puncak Menumbing, baru ini kita dapat di Puncak Menumbing ini," ungkap Des, Kamis (9/1/2020) siang.

"Dekat pos paling atas, ditemukan satu mesin robin, selang dan berbagai peralatan di lokasi yang cukup jauh sekitar 400 meter dari jalan," tandasnya.

Des menuturkan aktivitas diduga dilakukan pada malam hari karena ditemukan bukti sisa pembakaran juga.

"Dan kayaknya mereka juga melakukan sistem bendung air karena lagi musim hujan ada yang pakai mesin dan tidak ada pakai mesin," tukas Des.(rul/wb)

Halaman