42 Peserta Ramaikan Kontes Durian di Bangka Tengah

Barly    •    Selasa, 07 Januari 2020 | 16:55 WIB
Lokal
Durian para peserta kontes saat dilakukan penilaian oleh para dewan juri di lapangan bola Desa Airmesu, Pangkalanbaru, Bangka Tengah.(wb)
Durian para peserta kontes saat dilakukan penilaian oleh para dewan juri di lapangan bola Desa Airmesu, Pangkalanbaru, Bangka Tengah.(wb)

PANGKALANBARU, www.wowbabel.com -- Sebanyak 42 peserta mengikuti Kontes Durian dalam acara Festival Buah-buahan yang digelar Dinas Pertanian Bangka Tengah di Lapangan Bola Desa Airmesu, Pangkalanbaru, Selasa (7/1/2020).

Buah durian para peserta ini dipajang di meja kayu untuk dinilai baik bentuk maupun rasanya. Para peserta merupakan perwakilan dari seluruh kecamatan yang ada di Bangka Tengah.

Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah, Sajidin, mengatakan para peserta sudah diseleksi dan dari berbagai daerah. Setiap kecamatan mengirimkan perwakilannya.

"Kami berharap nanti dengan kontes ini bisa menghasilan variates durian unggul di Bangka Tengah," kata Sajidin.

Sajidin menambahkan para pemenang nantinya akan diikutkan dalam festival yang sama ditingkat provinsi.

Untuk sistem penilaian pada Kontes Durian Lokal Unggul iniĀ  ada lima aspek yang menjadi penilaian seperti penampilan luar, penampilan dalam, pongge, rasa, dan keunikan.

Bobot penilaian paling tinggi ada pada aspek rasa, bobotnya mencapai 40 persen penilaian, kedua adalah pongge dengan 25 persen, ketiga penampilan dalam dengan 20 persen, keempat penampilan luar 10 persen, dan terakhir keunikan dengan bobot nilai 5 persen.(bar/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE