Polres Bangka Beri Pelatihan dan Peningkatan Peran Linmas

Dwi H Putra    •    Kamis, 12 Desember 2019 | 22:06 WIB
Lokal
Pelatihan linmas Polres Bangka. (Dwi HP/wowbabel)
Pelatihan linmas Polres Bangka. (Dwi HP/wowbabel)

PEMALI, www.wowbabel.com - Sat Binmas Polres Bangka memberikan pelatihan dan peningkatan peran petugas perlindungan masyarakat (Linmas) dalam penanganan keamanan dan ketertiban di Desa Pemali.

"Salah satu tugas Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) sesuai Permendagri No.84/2014 adalah membantu menjaga keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat," kata Kasat Binmas Polres Bangka, AKP Agus Widodo di Pemali, Kamis (12/12/2019) 

"Ini merupakan tugas mulia yang dibebankan pada warga masyarakat yang secara sukarela dan ikhlas menjadi anggota linmas di lingkungan tempat tinggalnya supaya masyarakat merasa aman, tentram dan tertib," ujarnya. 

Lanjutnya sebagai anggota Polri berkewajiban memberikan pelatihan dan keterampilan tugas-tugas Polri. 

"Namun kami minta maaf karena hanya bisa memberikan pelatihan secara terbatas, semoga bermanfaat," jelas Kasat Binmas. 

Kasat Binmas menerangkan pelatihan seperti ini dengan cara mengatasi masalah keamanan bukan hanya dilakukan di wilayah saja, tapi lakukan di setiap kecamatan.

Materi tersebut sebagai materi pokok di sampaikan tentang pengertian linmas, tanggung jawab linmas, tugas pokok linmas, fungsi linmas, peranan linmas, syarat dan ketrampilan linmas serta kedisiplinan dan kewaspadaan.

"Pada pelatihan ini kita berikan materi PBB, pengaturan lalu lintas, penggeledahan dan cara membawa tahanan," pungkasnya. (Dwi HP/wb)

Halaman