39 Penyandang Disabilitas di Bangka Terima Dana ASPD

Dwi H Putra    •    Kamis, 12 Desember 2019 | 20:02 WIB
Lokal
Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD) di Kabupaten Bangka, menerima bantuan sosial tunai melalui Dinas Sosial dan Pemerintahan Desa (Dinsospemdes) Bangka bekerjasama dengan BRI Cabang Sungailiat.(dwi/wb)
Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD) di Kabupaten Bangka, menerima bantuan sosial tunai melalui Dinas Sosial dan Pemerintahan Desa (Dinsospemdes) Bangka bekerjasama dengan BRI Cabang Sungailiat.(dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Sebanyak 39 orang Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD) di Kabupaten Bangka, menerima bantuan sosial tunai melalui Dinas Sosial dan Pemerintahan Desa (Dinsospemdes) Bangka bekerjasama dengan BRI Cabang Sungailiat.

"Penyandang adalah orang yg memiliki keterbatasan mental lemah, intilektual atau sensorik dalam jangka waktu lama ketika berinteraksi dengan lingkungan," kata Kabid Linjamsos Dinasospemdes Bangka, Aris Munandar diwakili Pendamping TKS-PD, M Solihin di Sungailiat, Kamis (12/12/2019).

"Dan sikap masyarakatnya dapat menemui hambatan yang menyulitkan untuk berpartisipasi penuh dan efektif berdasarkan kesamaan hak," ujarnya.

Dijelaskannya ASPD adalah bantuan yang diberikan kepada penyandang disabilitas secara non tunai dalam jangka waktu tertentu. Berkaitan dengan bantuan non tunai ada hal-hal yang ditetapkan terhadap calon penerima bantuan sosial ASPD, diantaranya menerbitkan preliest, petugas Ditjen RSPD menerbitkan preliest data calon penerima bantuan berdasarkan data dalam aplikasi SIMPD, membuat edaran, melakukan uji petik, membuat telaah permohonan, menetapkan calon penerima bantuan.

"Maka pada tanggal 31-10-2019 bertempat di Bank BRI Cabang Sungailiat diadakan penyerahan secara simbolis buku tabungan dan ATM tahap pertama kepada penerima manfaat," jelas Solihin.

"Sebanyak 18 orang yang hadir dari 39 orang penerima ASPD yang ada di Kabupaten Bangka dengan rincian satu orang penerima mendapatkan sebesar Rp 3,6 juta per tahun," paparnya.

Ditambahkannya diharapkan pemberian bantuan non tunai kepada penyandang disabilitas ini dapat memberikan manfaat yang lebih baik, sehingga kesamaan hak dan kehidupan serta kesejahteraannya sosialnya semakin meningkat.(dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL