Ini Jawaban BKPSDMD Soal Tenaga Ahli Bupati

Dwi H Putra    •    Rabu, 11 Desember 2019 | 23:51 WIB
Lokal
Kepala BKPSDMD Bangka, Baharita.(dwi/wb)
Kepala BKPSDMD Bangka, Baharita.(dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com - Tenaga ahli yang diangkat Bupati Bangka dan sempat mendapat sorotan Anggota DPRD Bangka, Magrizan, dijawab Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Bangka. 

"Itu dimungkinkan dan dari peraturan pemerintah juga dimungkinkan, kami sudah bertanya kepada beberapa daerah fungsinya memberi masukan kepada Bupati terkait pekerjaannya, guna mencapai visi dan misinya," kata Kepala BKPSDMD Bangka, Baharita di Sungailiat, Rabu (11/12/2019). 

"Tenaga ahli titik idealnya adalah pakar, seperti pernah ada di Kota Pangkalpinang yang saya sendiri pernah menjadi bagian itu," ujarnya. 

Baharita menjelaskan dalam hal ini ada beberapa poin harus terlaksana sebagai program prioritas Bupati Bangka dalam merealisasikan visi misi selama lima tahun kedepan. 

"Kalau dulu di Pangkalpinang ada program prioritas walikota sebanyak 14 macam dan harus tercapai selama lima tahun," jelas Baharita. 
  
"Tenaga ahli bisa memonitoring untuk bertanya mengapa dan apa sebabnya dan mereka bisa melakukan perjalanan dinas untuk bertanya ke daerah lain, bagaimana caranya supaya terlaksana dan itu juga yang kami lakukan di Pangkalpinang dan beberapa tahun tidak ada temuan dari BPK," paparnya. 

Diakui Baharita memang tidak ada dalam berbagai literatur mengenai tenaga ahli, tetapi BPK tidak bisa menyalahkan karena tidak tumpang tindih dengan OPD, untuk penganggarannya bisa bergabung ke bagian umum Setda Bangka atau pada bagian lain yang disesuaikan tugasnya. 

"Nanti juga akan diberikan pengajaran untuk pelaporan agar setiap menerima honor ada wujud tanggung jawabnya," terangnya. 

"Jadi tak masalah kecuali kalau seperti DKI tenaga ahli nya ada 50 mungkin bisa ketemuan, intinya berjumlah tiga, lima, tujuh, harus ganjil yang nanti mereka bisa memberikan keputusan bila ada permasalahan," pungkas Baharita. (Dwi HP/wb)

Halaman