Sekda dan Kepala OPD Terima Penghargaan dari Bupati Bangka

Dwi H Putra    •    Senin, 09 Desember 2019 | 11:13 WIB
Lokal
Bupati Bangka, Mulkan SH MH menyerahkan penghargaan kepada Sekda dan Kepala OPD di Pemkab Bangka.(dwi/wb)
Bupati Bangka, Mulkan SH MH menyerahkan penghargaan kepada Sekda dan Kepala OPD di Pemkab Bangka.(dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Bupati Bangka, Mulkan SH MH menyerahkan penghargaan kepada Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Bangka dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka berhasil meraih predikat terbaik pertama dalam kinerja penyaluran dana alokasi khusus (DAK) fisik tahun 2019.

"Prestasi ini harus menjadi motivasi bagi semua organisasi perangkat daerah (OPD) dengan predikat terbaik pertama dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," kata Bupati Bangka, Mulkan SH MH di Sungailiat,  Senin (9/12/2019).

Dijelaskannya penghargaan dengan predikat terbaik pertama diberikan langsung Direktorat Perbendaharaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, sebagai apresiasi hasil kinerja Pemkab Bangka dalam merealisasikan DAK fisik tersebut.

Lanjutnya beberapa parameter kinerja yang menjadi penilaian meliputi Konsistensi Pelaksanaan Kontrak, Pencapaian Output Program, Ketepatan Sasaran Program atau Konsistensi Pelaporan Monitoring dan Evaluasi (Monev) progres fisik dan keuangan.

"Laporan monev pelaksanaan kegiatan DAK fisik dilakukan melalui verifikasi faktual di lapangan melalui sistem aplikasi," jelas Mulkan.

"Alokasi kegiatan DAK fisik tahun 2019 dikonsentrasikan untuk beberapa sektor strategis baik untuk DAK reguler, DAK penugasan maupun DAK Afirmasi seperti bidang pendidikan, kesehatan, sanitasi dan sarana umum lainnya," paparnya.

Ditambahkannya keberhasilan diraihnya penghargaan ini tidak lepas dari peran dan komitmen bersama yang telah bekerja optimal menjalankan fungsi masing-masing sesuai visi dan misi Bangka Setara.

"Kami berharap prestasi terbaik pertama ini dapat dipertahankan dengan tetap mengedepankan kebersamaan antar organisasi perangkat daerah," pungkas Mulkan.(dwi/wb)

Halaman