400 Peserta Ramaikan Sungailiat Trail Run 2019

Dwi H Putra    •    Sabtu, 07 Desember 2019 | 20:37 WIB
Sport
Bupati Bangka mengangkat bendera start Sungailiat Trial Run 2019. (Dwi HP/wowbabel)
Bupati Bangka mengangkat bendera start Sungailiat Trial Run 2019. (Dwi HP/wowbabel)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka terus berupaya mengenalkan destinasi wisata Pulau Bangka, kali ini melalui event tahunan 'Sungailiat Trail Run' yang digelar 7 Desember 2019 di Pantai Tikus Emas Sungailiat. 

"Tercatat sebanyak 400 peserta ikut event tahun ini, dua orang diantaranya berasal dari Kenya dan Malaysia dengan rincian 275 orang peserta pada kategori 7,5 K dan 125 orang peserta pada kategori 15 K," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bangka, Asep Setiawan di Sungailiat, Sabtu (7/12/2019). 

"Event ini kali kedua dilaksanakan setelah sebelumnya sukses digelar dan diikuti peserta baik dari dalam hingga luar negeri, diharapkan dapat mempromosikan sport tourism di Pulau Bangka," ujarnya. 

Lanjutnya, kegiatan dengan titik fokus di kawasan Lintas Timur Sungailiat, para peserta yang berasal dari berbagai daerah akan dimanjakan dengan keindahan alam Kabupaten Bangka.

Bermuara di Pantai Tikus Emas yang menyisir track mulai dari keindahan pantai hingga rerimbunan hutan, melewati jalanan terjal diharapkan dapat menambah kesan petualangan bagi para peserta.

Sementara, Bupati Bangka, Mulkan SH MH, mengatakan Pemkab Bangka terus berupaya mempromosikan aset pariwisata yang ada salah satunya dengan event Sungailiat Trail Run, dengan harapan sembari berolahraga pengunjung dapat mengetahui dan menikmati keindahan alam.

"Ini upaya kami mempromosikan pariwisata secara langsung, jika melalui pameran biayanya mahal, jika seperti ini cukup murah dan mereka bisa menikmati langsung," kata Mulkan. 

Diakuinya menanggapi berkurangnya peserta tahun 2019 dibandingkan 2018 lalu, yang mana belasan peserta berasal dari luar negeri dan mencapai hampir 700 orang peserta, hal ini disebabkan mahalnya harga tiket penerbangan sehingga banyak peserta yang mengundurkan diri. 

"Mereka kan banyak pertimbangan selain harga tiket, mereka juga mempersiapkan biaya penginapan dan lainnya," paparnya. 

"Maka dari itu kedepan bonusnya akan diperbesar lagi, supaya mereka yang berasal dari luar tidak sia-sia mengikuti event yang ada di Bangka," pungkas Mulkan. (Dwi HP/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE