Dua Pemain Asal Babel Perkuat Timnas Putri di SEA GAMES Manila

Muri_Wow    •    Kamis, 21 November 2019 | 18:33 WIB
Sport
Pemain Timnas Putri Indonesia sedang menjalani latihan di Depok, Jawa Barat. (PSSI)
Pemain Timnas Putri Indonesia sedang menjalani latihan di Depok, Jawa Barat. (PSSI)

JAKARTA, www.wowbabel.com – Dua pemain sepakbola asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan memperkuat Timnas Putri Indonesia Pelatih Tim Nasional Putri pada ajang SEA GAMES 2019, di Manila, Filipina. Keduanya adalah Ade Mustikiana Oktafiani dan Safira Ika Putri Kartini, dua pemain gelandang andalan Timnas.

Sebelumnya, Babel mencatatkan 5 orang pemain di jajaran Timnas seperti Ade Mustikiana Oktafiani, Safira Ika Putri Kartini , Nur Fadillah Fitrah Ramadhani, Sheva Imut Furyzcha dan Syafira Azzahra Ramadhanti. Tiga orang tidak “diangkut” pelatih Rully Nere ke Filipina. Ade Mustikiana Oktafiani lahir di desa Cendil kabupaten Belitung Timur, 3 Oktober 1999. Sedangkan Safira Ika Putri Kartini, lahir pada tanggal 21 April 2003 di Bangka Belitung, yang juga sempat menjadi kapten Timnas U-15.

Pelatih Timnas Putri Indonesia, Rully Nere menetapkan 20 pemain yang memperkuat skuat Garuda Pertiwi pada gelaran pesta olahraga se-Asia Tenggara yakni SEA Games 2019. Penetapan nama-nama pemain dilakukan setelah melakukan pemusatan latihan sejak 2 November 2019 lalu di Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Sejak dimulainya pemusatan latihan hingga penetapan pemain yang akan dibawa ke SEA Games, skuat Garuda Pertiwi memang fokus pada tiga hal utama yakni kebugaran pemain, pemantapan defending, dan penajaman counter attack. Adapun pola permainan dan implementasi taktik yang diterapkan pada sesi seleksi serta pemusatan latihan, dinilai langsung oleh pelatih kepala Timnas Rully Nere, didamping tim kepelatihan, seperti asisten pelatih Yopie Riwoe, pelatih kiper Haryono dan pelatih fisik Kartono Pramdhan. Penilaian tentang peforma pemain terus dipantau hingga terpilihlah 20 nama yang memenuhi kriteria dan layak memperkuat skuat Indonesia.

Asisten Pelatih Timnas Putri Indonesia, Yopie Riwoe menegaskan bahwa ada proses panjang sehingga terpilihnya para pemain yang akan memperkuat skuat Garuda Pertiwi ini.

“Tahun ini skuat Timnas Putri mengikuti beberapa event internasional, sehingga ada beberapa pemain yang dipertahankan, ada beberapa yang diseleksi kembali. Hingga terakhir seleksi SEA Games ini, pemain yang ikut seleksi sebanyak 23 orang. Namun sesuai dengan kuota hanya 20 pemain yang dibawa, maka 20 nama inilah yang akan berjuang untuk Indonesia di SEA Games nanti,” ujarnya.

Pada gelaran SEA Games 2019 ini, Indonesia menempati grup B bersama Thailand dan Vietnam. Menanggapi drawing ini, asisten pelatih Timnas Putri Yopie Riwoe mengaku optimis dengan laga yang akan dihadapi nanti.

“Memang Indonesia berada di grup yang berat bersama Thailand dan Vietnam, namun layaknya tim lain, kami ingin meraih kemenangan dengan mengalahkan mereka. Mungkin banyak orang akan berkata kami bermimpi dan berkhayal, namun itulah target tim ini, yang pasti bekerja dan berdoa demi nama bangsa,” ungkapnya.

Skuat Garuda Pertiwi pun masih akan melakukan pemantapan tim di Sawangan, Depok, Jawa Barat, sebelum bertolak ke Manila, Filipina. Timnas Putri Indonesia akan berangkat ke Filipina pada hari Rabu, 27 November 2019 sebelum menghadapi pertandingan perdana kontra Vietnam pada 29 November 2019.

Daftar Pemain Timnas Putri untuk SEA Games 2019

Goal Keeper:

Norffince Boma

Prihatini

Riska Julianti

 

Defender:

Ade Mustikiana Oktafiani

Berlyan Asya Pertiwi

Nur Laili Khomariyah

Safira Ika Putri Kartini

Shalika Aurelia Viandrisa

Vivi Oktavia Riski

 

Midfielder:

Anggi Puspita Sari

Baiq Amiatun Shalihah

Jesellaa Arifya Sari

Mayang ZP

Nisma Francida Rusdiana

Octavianti Dwi Nurmalita

Rani Mulyasari

Sabrina Mutiara Firdaus Wibowo

Zahra Muzdalifah

 

Forward:

Dewi Tia Safitri

Febriana Kusumaningrum

 

Jadwal Pertandingan Putri SEA Games 2019:

Fase Grup

26 November 2019

Vietnam vs Thailand, 16.00 -Stadion Sepakbola Binan

Filipina vs Myanmar, 20.00 - Stadion Sepakbola Binan

 

29 November 2019

Indonesia vs Vietnam, 16.00 - Stadion Sepakbola Binan

Malaysia vs Filipina, 20.00 - Stadion Sepakbola Binan

 

2 Desember 2019

Myanmar vs Malaysia, 16.00 - Stadion Sepakbola Binan

Thailand vs Indonesia, 16.00 - Stadion Rizal Memorial



MEDSOS WOWBABEL