Hujan Lebat Disertai Petir, Berpotensi Terjadi Angin Kencang

Hendri Dede PKP    •    Rabu, 20 November 2019 | 01:14 WIB
Lokal
Azwarhadi, Kepala BPBD Pemkot Pangkalpinang. (Dede/wowbabel)
Azwarhadi, Kepala BPBD Pemkot Pangkalpinang. (Dede/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang mengimbau masyarakat untuk dapat meningkatkan kesiap-siagaan terhadap potensi bencana alam seperti genangan air, banjir dan angin kencang. 

Hal ini mengingat beberapa hari terakhir wilayah Kota Pangkalpinang mulai diguyur hujan deras.

"Masyarakat juga diharapkan agar tidak membuang sampah sembarangan yang dapat menyebabkan tersumbatnya saluran air apabila hujan tiba," ujar Kepala BPBD Pangkalpinang, Izwarhadi, Selasa (19/11/2019)

Izwarhadi mengungkapkan, ancaman bencana selama musim penghujan yang salah satunya angin kencang. Sehingga dalam menghadapi angin kencang diharapkan masyarakat agar aliran listrik di rumah sebaiknya dimatikan.

"Untuk sementara masyarakat jangan berada di pohon besar yang berpotensi roboh. Tetap di dalam rumah sambil memantau keadaan cuaca serta masyarakat diminta untuk untuk memangkas pohon yang sudah terlalu lebat dan berdekatan dengan rumah penduduk," ujarnya.

Menurutnya, tanda-tanda akan adanya angin kencang akan diawali dengan hujan lebat yang turun tiba-tiba disertai dengan Guntur dan petir.

Mengadapi musim penghujan ini, petugas SRC BPBD Kota Pangkalpinang terus siaga dalam menghadapi bencana alam dengan berpratoli dan turun ke lapangan untuk memastikan kondisi lingkungan dan masyarakat tetap aman.

Selain itu, dirinya mengajak masyarakat Kota Pangkalpinang untuk dapat mengikuti kegiatan gotong royong sesuai dengan intruksi Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil.

"Hal ini dalam rangka Hari Bulan Bakti Karang Taruna Kota Pangkalpinang ke 59 tahun 2019 ini dengan membersihkan sungai rangkui melalui titik kumpul lokasi kegiatan di Taman Mandara pukul 06:00 WIB," pungkasnya. (Dede/wb)



MEDSOS WOWBABEL