Tambang Ilegal Babel Dibekingi Oknum Aparat Penegak Hukum

Firman    •    Sabtu, 16 November 2019 | 15:34 WIB
Lokal
Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Desmond Junaidi Mahesa. (Firman/wowbabel)
Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Desmond Junaidi Mahesa. (Firman/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Persoalan pertambangan timah ilegal di Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang semakin marak, menjadi sorotan Komisi III DPR RI.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, H. Desmond Junaidi Mahesa SH, MH mengatakan, terkait penambangan timah ilegal di kawasan hutan lindung di Bangka Belitung seharusnya cepat ditindaklanjuti oleh aparat.

"Itu harus ditindak lanjuti oleh panji penegakan hukum, karena ini rata-rata dibekingi oleh oknum aparat penegak hukum," ungkap Desmond Junaidi Mahesa, usai melakukan pertemuan dengan Kapolda dan Kajati Babel di Mapolda, Jumat (15/11/2019).

Selain itu, dirinya menilai pertambangan ilegal yang ada di kawasan hutan yang dilindungi itu sudah jelas merusak lingkungan.

"Jadi, ini harus kita tertibkan, karena itu sudah jelas merusak lingkungan dan juga tidak jelas pemasukannya kepada negara. Jadi, ini harus kita tindak, dan tindakan itu harus ditelusuri asal usulnya," tegasnya.

Desmond juga menjelaskan bahwa permasalahan penambangan timah ilegal ini akan dibahas lagi pihaknya bersama instansi terkait.

"Nanti, masalah adanya dugaan aparat-aparat yang bermain di pertambangan ilegal ini,  kita akan bahas dengan Panglima TNI,  Kapolri dan Kejaksaan Agung di DPR RI," pungkas Politisi Partai Gerindra ini. (Firman/wb)

Halaman