BPBD : Ada Peningkatan Frekuensi Bencana di Pangkalpinang

HendriDede    •    Kamis, 14 November 2019 | 17:06 WIB
Lokal
Kepala BPBD Pangkalpinang, Izwarhadi. (Dede/wowbabel)
Kepala BPBD Pangkalpinang, Izwarhadi. (Dede/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang menyebutkan, adanya peningkatan frekuensi bencana di Pangkalpinang. Hal tersebut dilihat dari meningkatnya peristiwa banjir, kebakaran hutan, genangan bangunan perumahan serta luasan lahan kebakaran dalam rentang waktu 4 tahun terakhir.

"Jika dilihat dari data bencana selama 4 tahun terakhir dapat disimpulkan banjir meningkat, kebakaran hutan dan lahan meningkat 3 kali lipat, genangan bangunan perumahan meningkat.1,5 kali lipat serta luasan lahan kebakaran meningkat," kata Kepala BPBD Pangkalpinang, Izwarhadi, Kamis (14/11/2019).

Izwarhadi mengungkapkan, selain adanya peningkatan frekuensi bencana diatas ada juga beberapa bencana yang mengalami penurunan frekuensinya seperti pohon tumbang, puting beliung serta tanah longsor. 

Hal ini mengingat luasan sebaran bencana semakin meluas dari tahun ke tahunnya pihak BPBD Kota Pangkalpinang memerlukan tambahan sarana guna percepatan pelayanan. 

"BPBD sangat memerlukan tambahan sarana berupa mobil pick-up untuk percepatan pelayanan hingga awal tahun 2020 nanti yang mana di khawatirkan akan bertambah luasannya kebencananya. Terutama pada tahun 2019 ini," ujarnya. (Dede/wb)