Komitmen Jaga Laut, Warga Matras Bersih-bersih Pantai

Dwi H Putra    •    Rabu, 13 November 2019 | 20:06 WIB
Lokal
Warga kelurahan Matras melakukan bersih-bersih pantai. (Dwi HP/wowbabel)
Warga kelurahan Matras melakukan bersih-bersih pantai. (Dwi HP/wowbabel)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com - Puluhan warga Kelurahan Matras Kecamatan Sungailiat secara kompak membersihkan Pantai Teluk Pikat Lingkungan Matras, Kelurahan Matras sebagai upaya menjaga kebersihan serta komitmen menjaga pantai dan laut agar bebas dari pertambangan.

"Sampah di pantai saja kami upayakan untuk disingkirkan, apalagi tambang laut, tentunya kami tidak menghendaki tambang sampai masuk ke Perairan Pantai Matras," kata salah satu Tokoh Pemuda Kelurahan Matras yang juga Sekretaris Kelompok Sadar Wisata Kelurahan Matras, Holid di Sungailiat, Rabu (13/11/2019). 

Dijelaskannya, warga yang terdiri dari nelayan,  pemuda dan ibu rumah tangga ini bahu membahu membersihkan pesisir Pantai Teluk Pikat dari sampah alami atau plastik dengan cara memungut sampah secara manual hingga menyapu serta membuang pada tempatnya. 

"Pantai ini salah satu urat nadi kehidupan, musim-musim dari November hingga awal tahun depan perahu nelayan tradisional berlabuh di sini. Jadi kita berusaha menjaganya agar pantai nyaman dilihat," ujar Holid. 

Selain melakukan bersih-bersih, warga juga memasak untuk makan bersama dari hasil laut yang didapat seperti ikan dan cumi-cumi di pondokan Pantai Teluk Pikat dengan mengolah hasil laut itu menjadi masakan khas Bangka. 

"Selain bersih-bersih kami juga makan bersama dengan lauk dari hasil laut para nelayan, kebersamaan ini akan terus digalang sebagai komitmen warga yang mayoritas menolak tambang laut dan memi



1   2