Kantor Agama Akan Gelar Itsbat Massal

Pasangan menikah secara simbolis menandatangani berita acara penyerahan akta nikah. (Fauzi Akbar/Diskominfo Beltim)
Pasangan menikah secara simbolis menandatangani berita acara penyerahan akta nikah. (Fauzi Akbar/Diskominfo Beltim)

MANGGAR, www.wowbabel.com - Wakil Bupati Beltim Burhanudin mengakui jika masih banyak warga Kabupaten Beltim yang belum memiliki akta nikah terutama dari kalangan masyarakat yang bukan beragama Islam. Hal itu diungkapkan Wabup karena mereka kurang paham pentingnya dokumen kependudukan.

“Kurangnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya akta perkawinan. Mereka sudah menikah (secara agama) namun tidak memiliki akta perkawinan,” kata Aan sapaan akrab Wabup.

Aan pun menghimbau agar seluruh masyarakat Beltim terutamanya yang belum memiliki akta nikah untuk mengurus ke dokumen pernikahan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Ia menjamin seluruh pengurusan sangat mudah dan cepat bahkan tidak dipungut biaya.

“Nah Akta Perkawinan ini penting bagi mereka yang sudah menikah, dan selanjutnya bagi mereka yang memiliki anak harus punya akta lahir. Karena ini berhubungan dengan masa depan mereka, baik untuk kepemilikan harta dan mengurus dokumen lainnya,” ujar Aan.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Beltim Masdar Nawawi menyatakan bukan hanya penduduk non muslim saja yang banyak tidak memiliki akta nikah. Penduduk muslim di Kabupaten Beltim pun tidak sedikit yang belum memiliki akta nikah.

“Mereka ini biasa yang nikah sirih atau nikah jaman dulu sebelum tahun 1974, cuman nikah di Penghulu tapi buku nikahnya belum ada. Jumlahnya pastinya kita belum tahu, tapi ada ratusan,” beber Masdar.

 Pasangan muslim yang belum memiliki buku nikah tersebut rencananya akan didata dari Kantor Urusan Agama (KUA) di Kabupaten Beltim, untuk selanjutnya dilakukan Istbat Nikah.

“Nanti kita akan laksanakan Sidang Itsbat Nikah secara masal. Syaratnya yang penting pasangnya punya saksi-saksi saat mereka nikah dulunya, nanti petugas dari KUA sama pengadilan agama yang akan mencatat,” ujar Masdar.

Itsbat Nikah adalah cara yang dapat ditempuh oleh pasangan suami isteri yang telah menikah secara sah menurut agama untuk mendapatkan pengakuan dari negara atas pernikahan yang telah dilangsungkan oleh keduanya beserta anak-anak yang lahir selama perkawinan, sehingga perkawinan tersebut berkekuatan hukum. (FA/DB)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL