Pilkada Basel, Demokrat Akan Gandeng PPP

Aston    •    Selasa, 12 November 2019 | 19:25 WIB
Pilkada
Pengurus DPC Partai Demokrat kabupaten Bangka Selatan. (Astoni/wowbabel)
Pengurus DPC Partai Demokrat kabupaten Bangka Selatan. (Astoni/wowbabel)

TOBOALI, www.wowbabel.com - Sejumlah partai politik (parpol) sudah memanaskan mesin partai dengan membuka pendaftaran calon jelang pesta demokrasi pemilihan kepada daerah Bupati dan wakil Bupati Pilkada Kabupaten Bangka Selatan (Basel)  2020 mendatang.

Partai besar yang sudah buka pendaftaran salah satunya adalah Gerindra. Partai pemenang pada pemilihan legislatif April 2019 yang lalu, yakni PDIP juga telah membuka pendaftaran. 

Namun, tidak dengan partai Demokrat yang sampai saat ini belum membuka pendaftaran, karena partai besutan SBY tersebut, enggan mesin partainya disewa seperti Pilkada Basel 2015 silam.  

Demokrat selaku partai pemenang pada Pilkada Basel 2015 itu, berikan sinyal akan mengusung kader internal sendiri untuk bertarung pada Pilkada Basel 2020. 

Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Bangka Selatan, Wendy membenarkan bahwa, Partai Demokrat belum buka pendaftaran. Ia beralasan belum ada perintah dari DPP Partai Demokrat. 

"Belum ada perintah dari DPP, untuk itu kami (Demokrat--red) sekarang belum membuka pendaftaran," ujar Wendy, Selasa (12/11/2019) petang. 

Pada Pemilukada serentak 2020, Wendy menuturkan, Demokrat  menargetkan penambahan kursi kepala daerah di seluruh wilayah Indonesia. 

Namun, Demokrat nampaknya enggan hanya jadi kendaraan sewaan alias digunakan oleh calon non kader partai. Lantas kata Wendy, DPP Demokrat menginstruksikan mengutamakan calon dari kader internal Demokrat. 

"Instruksi DPP, Demokrat diharuskan menambah jumlah kepala daerah disetiap wilayah indonesia. Jadi untuk Pilkada Basel 2020, Demokrat lebih mengutamakan kader partai Demokrat karena arahan DPP, kita harus masuk dan menjadi bagian dari pemerintahan apabila ingin mensejahterakan masyarakat," kata Wendy yang sekaligus Wakil Ketua Komisi III DPRD Basel itu. 

Untuk memuluskan langkah Demokrat mengusung sendiri calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Basel 2020, Demokrat kemungkinan besar akan menggandeng partai PPP yang saat ini masuk dalam satu fraksi di DPRD Basel. 

"Fraksi Demokrat sudah cukup lima kursi dengan PPP," tuturnya. 

Disinggung nama kader potensial Demokrat yang berpotensi dicalonkan, Wendy belum membeberkan nama-nama kader Demokrat tersebut. Hanya saja, Ia memberikan sinyal kader yang potensial dicalonkan yakni kader yang saat ini duduk di legislatif, baik di DPRD Basel maupun DPRD Provinsi Babel. 

"Untuk kader ada beberapa kader yang sudah kami siapkan, meskipun diantara beberapa kader ada yang sedang menjabat sebagai anggota DPRD,  tapi komunikasi awal mereka siap mundur apabila diperintahkan DPP mencalonkan diri," bebernya. 

Kemungkinan besar kader potensial yang akan dicalonkan Demokrat, yakni Samson Asrimono Ketua DPC Demokrat Basel yang saat ini jabat wakil ketua DPRD Basel. Satu lagi ada nama Aditya Rizky Pradana anggota DPRD Provinsi Babel, yang sekaligus putra sulung Bupati Basel Justiar Noer. (Astoni/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL