Nekat Panjat Tembok, Petani Ini Sikat Uang Ratusan Juta Rupiah

Aston    •    Selasa, 12 November 2019 | 21:34 WIB
Lokal
Pelaku saat memperagakan aksi pencurian yang dilakukannya kepada polisi. (Astoni/wowbabel)
Pelaku saat memperagakan aksi pencurian yang dilakukannya kepada polisi. (Astoni/wowbabel)

PAYUNG, www.wowbabel.com -- Jajaran Polsek Payung, Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) berhasil mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan (Curat) bernilai ratusan juta rupiah di Desa Payung. Tak disangka, pelaku ternyata seorang petani paruh baya. 

Pelaku nekat manjat tembok dan naik ke atap rumah untuk menggasak uang milik korban senilai Rp120juta. Aksi pelaku dilakukaan saat sholat magrib sekitar pukul 18.00 WIB. 

Kejadian pencurian dilaporkan korban pemilik rumah, Sud pada hari Minggu 10 November 2019. Saat itu korban sedang berada di Kota Pangkalpinang, dan sore hari tiba di rumah, korban kaget melihat anak kunci lemari tempat korban menyimpan uang sudah terjatuh ke lantai. 

Saat membuka lemari, korban yang membuka toko kelontongan itu langsung syok melihat uang ratusan juta rupiah didalam lemari sudah raib. Selain uang, pelaku juga menggasak ratusan bungkus rokok. Atas kejadian tersebut,  total kerugian korban sebesar Rp120.500.000. 

Mendapat laporan dari korban, pihak kepolisian Polsek Payung mendatangi lokasi melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Hasil olah TKP, Polsek Payung hanya butuh dua hari untuk mengungkap kasus pencurian tersebut. Selasa (12/11/2019) pelaku bernama KUR (56) berhasil ditangkap oleh Tim Opsnal Polsek Payung. 

Penangkapan yang dipimpin langsung Kapolsek, Iptu Robby Setiadi Purba, pertama-tama sekitar pukul 14.00 WIB mendatangi rumah terduga pelaku di Desa Payung. Hanya saja petugas tidak menemukan pelaku. Pengakuan istri, suaminya sedang berada di kebun. 

"Saat anggota ke rumah pelaku namun pelaku tidak ada di rumah, dari keterangan istrinya pelaku ada di kebun kemudian anggota langsung menuju pondok kebun pelaku yang berada di hutan Rintis Payung," ujar Kapolres Basel AKBP S. Ferdinand Suwarji melalui Kabag Ops, Kompol Rusnoto, Selasa (12/11/2019).

Sesampai di pondok, pelaku tengah duduk santai di bawah pondok. Didesak petugas, pelaku mengakui bahwa telah melakukan pencurian di rumah korban SUD.  

"Pelaku mengakui memang benar telah melaku?an tindak pidana pencurian di rumah korban SUD," kata Rusnoto.

Ia mengungkapkan, pelaku beraksi sekitar pukul 18.00 WIB, dengan cara memanjat tembok WC belakang rumah dan naik ke atas atap rumah dan langsung membuka atap rumah yang terbuat dari seng.

"Kemudian pelaku langsung membuka laci lemari yang ada didalam toko dan mengambil kunci gembok lemari dan langsung mengambil kantong plastik hitam yang berisikan uang dan 8 bungkus rokok merek sampoerna,7 bungkus rokok merk dunhil, dan 2  slop rokok merek surya setelah mengambil barang barang tersebut kemudian pelaku ke luar rumah dengan cara membuka slot jendela belakang rumah," ungkapnya. (Astoni/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL