Nama Koperasi Berubah, SPDN Teluk Rubiah Tutup 2 Bulan

SPDN Teluk Rubiah menutup kegiatan penyaluran BBM solar ke nelayan setempat karena pergantian nama Koperasi pengelola. (Chairul/wowbabel)
SPDN Teluk Rubiah menutup kegiatan penyaluran BBM solar ke nelayan setempat karena pergantian nama Koperasi pengelola. (Chairul/wowbabel)

MUNTOK, www.wowbabel.com - Solar Pack Dealer untuk Nelayan (SPDN) di Kampung Teluk Rubiah Kelurahan Tanjung Pasar Baru Muntok, kabupaten Bangka Barat (Babar), sudah sekitar dua bulan tutup dan tidak bisa menyuplai BBM jenis solar kepada Nelayan setempat.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Babar, Sukraedi menyebutkan, hal itu disebabkan karena adanya perubahan nama koperasi pengelola SPDN.

"Itu ada Perubahan nama koperasi saja, karena pada saat administrasi ada perbedaan nama, nama yang baru masuk di pengajuan, dan yang lama belum cabut jadi ada dua nama yang harus diklopkan," kata Sukraedi di kantornya, Selasa (5/11/2019).

Kata Sukraedi, tak ada perubahan pengurus hanya ada penggantian nama koperasi saja sehingga pihak Pertamina minta ditetapkan dulu namanya sebelum diajukan.

"Pertamina menahan dulu jadi kuota di stop dulu, Dalam SK. sudah sekarangkan sedang proses pengurusan administrasinya, saya tidak dibiarkan kesalahan administrasi saya, saya sudah sibuk sebetulnya yang diurusnya," ungkap Sukraedi.

"Kalau tahapan sekarang sudah selesai dari koperasi juga sudah sampai ke Pertamina tinggal nunggu saja sekarang gak lama lagi dibuka lagi," terangnya.

Awalnya, nama koperasi lama Gopita Babel diganti dengan nama koperasi yang baru Jasa Babel.

"Baru dua bulan tutup kuota. 4.500 nelayan kita se Babar, mudah-mudahan nelayan kita bersabar untuk itu SPDN yang dialihkan ke Tanjung bisa berbagi lah ke nelayan juga yang lain," ucapnya.

"Saya ngobrol udah dengan direkturnya udah selesai kayaknya gitu. Gak ada pembiaran, saya lebih gelisah nelayan saya," tukas Sukraedi.

Ketika dikonfirmasi ke Bakri Ahmad yang diakuinya hanya sebagai pelaksana tugas di SPDN tersebut membenarkan Solar untuk Nelayan itu tutup dalam jangka waktu 2 (dua) bulan ini.

"SPDN ini kan Kontrak per 5 tahun mau memperpanjang lambat memperpanjang pak Gunawan (Kepala pengurus) tidak aktif lagi, nelayan cuma nanya saja kemarin ya kita jelasinlah, saat ini dialihkan ke Tanjung. Kita ini kecil kuota cuma 50 48 sebulan. Dibawah standar lah kita punya," kata Bakri.

"Pertama karena kontrak kerjanya habis mau di perpanjang, ya kedua memang karena ada dua nama koperasi yang lama sama yang baru," tuturnya. (Rul/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL