Polandi Jajaki Peluang Investasi di Belitung

Wakil Bupati Beltim Burhanduin saat menyerahkan sirih kepada Duta Besar Polandia untuk Indonesia Beata Stoczynska.(ist)
Wakil Bupati Beltim Burhanduin saat menyerahkan sirih kepada Duta Besar Polandia untuk Indonesia Beata Stoczynska.(ist)

MANGGAR,www.wowbabel.com -- Duta Besar Polandia untuk Indonesia Beata Stoczynska terkesan saat mengunjungi Kabupaten Belitung Timur. Polandia berminat untuk menanamkan modalnya di Pulau Belitung terutama di bidang pariwisata, perdagangan, pertanian dan perikanan.

Dubes Polandia berkunjung ke Beltim didampingi oleh Kepala Kantor Perdagangan dan Investasi Polandia di Jakarta Jacek Kolomyjec, Petugas Politik Keduataan Besar Polandia Michal Weglarz, Ahli Kantor Perdagangan dan Investasi Polandia Cezary Filipek, serta delegasi Kementerian Luar Negeri RI.

“Saya sangat terkesan (berkunjung ke Pulau Belitung-red), saya juga membawa rekan-rekan saya dari kedutaan besar. Kita ingin cari peluang usaha di sini, terutama untuk perdagangan dan investasi di sini,” ungkap Beata di hadapan wartawan seusai mendengarkan pemaparan terkait peluang usaha di Kabupaten Beltim, di ruang rapat Bupati Beltim, Sabtu (2/11/19).

Dari hasil peninjauan ke berbagai lokasi dan pemaparan, baik di Kabupaten Belitung dan Beltim, Beata menyatakan banyak melihat peluang investasi di bidang pariwisata, pertanian, dan perikanan.

“Kalian banyak sekali ikan di sini, kebetulan kami habis meninjau pasar ikan. Atraksi wisata yang ditampilkan juga sangat menarik, cocok untuk wisatawan Polandia,” kata Beata.

Keramahan dan keindahan di Pulau Belitung memberikan kesan bagi Beata dan rombongan. Ia pun menyatakan akan segera mengirimkan hasil kunjungannya ke Pulau Belitung ke Polandia agar ada tindak lanjut baik dari para investor maupun agen-agen wisata di sana.

 “Laut yang indah, orang-orangnya yang sangat menyenangkan, cuacanya juga bagus. Dan selalu ingat keramahan masyarakat adalah kunci utama menggaet wisatawan,” ujar Beata.

Kepala Kantor Perdagangan dan Investasi Polandia di Jakarta Jacek Kolomyjec mengatakan penanaman modal di sektor pariwisata merupakan hal utama yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Potensi dan peluang usaha pariwisata sangat menjanjikan bagi investor Polandia.

“Pulau Belitung sangat cocok untuk investasi wisata. Sangat indah, masih alami, pasir putihnya, dan bersih sekali apalagi dibandingkan dengan yang di Pulau Jawa. Jadi kalau ditanya sector apa yang akan kita investasi, itu pasti pariwisata,” kata Jacek.

Jacek akan mempromosikan investasi pariwisata di Kabupaten Beltim dengan rekan-rekan investor Polandia. Apalagi menurutnya, program pemerintah pusat 10 Bali Baru sangat pantas disematkan bagi Pulau Belitung.

“Saya sangat setuju dengan pemerintah Indonesia, harus ada lebih dari ‘Satu Bali’. Dan menurut saya Pulau Belitung sangat cocok untuk menjadi destinasi baru, mungkin di masa depan lebih terkenal dari Bali yang asli,” puji Jecek.

Wakil Bupati Beltim, Burhanudin sangat mendukung rencana Pemerintah Polandia yang akan menamkan modalnya Pulau Belitung terutama di Kabupaten Beltim. Apalagi menurutnya selama ini potensi sumber daya alam banyak yang belum banyak terjamah investasi bidang pariwisata.

“Intinya kunjungan Dubes Polandia yang ingin investasi di Beltim memanfaatkan sumber daya alam, baik yang menyangkut masalah perikanan, terus pariwisata serta pelabuhan untuk perdagangan, kita sangat menyabut baik” kata Aan sapaan Burhanudin.

Aan berharap rencana investor Polandia yang menyatakan minat mengambangkan marina akan segera terwujud. Menurutnya Pemkab Beltim bahkan sudah menyiapkan lokasi untuk pengambangan marina.

“Kalau mereka ingin mengembangkan marina, kita sudah siapkan. Kita dukung di lokasi yang sudah dalam perencanaan,” ujar Aan.

Aan juga ingin agar setelah adanya kunjungan Dubes, berita tentang keindahan dan keramahtamahan masyarakat Beltim akan jadi penarik wisatawan asal Polandia yang akan berduyun-duyun mengunjungi Pulau Belitung.

“Apalagi situasi di sini sangat aman dan kondusif baik untuk investasi maupun pariwisata. Kita memiliki kebudayaan, adat istiadat dan pantai yang menarik,” beber Aan. @2!        



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL