Banyak Anak Berkeliaran di Perempatan, Pemkot Sebut Bukan Dieksploitasi

Kepala Dinas Sosial dan PPPA Kota Pangkalpinang, Rika Komarina. (Dede/wowbabel)
Kepala Dinas Sosial dan PPPA Kota Pangkalpinang, Rika Komarina. (Dede/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Sejumlah anak-anak saat ini kian marak ditemukan di sejumlah perempatan jalan di wilayah Kota Pangkalpinang.

Kepala Dinas Sosial dan PPPA Kota Pangkalpinang, Rika Komarina mengaku pihaknya secara rutin melakukan pemantauan terhadap anak-anak yang berkeliaran di jalanan pada wilayah kota Pangkalpinang.

"Kalau yang di perempatan lampu merah DKT itu, senantiasa kita pantau terus. Kami tanya anak itu tetap sekolah, dia bantu orang tuanya. Sering kita peringatkan," kata Rita, Senin (4/11/2019).

Disinggung hal tersebut apakah telah mengarah pada ekploitasi anak, Rita menilai bahwa hal tersebut bukan eksploitasi anak, namun hanya sekedar membantu kebutuhan sehari-hari keluarga.

"Sebenarnya nggak, sih. Hanya mungkin untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Kita melihat bukan ekploitasi. Namun, ketika adanya laporan seandainya tim kita melihat mereka (dijalanan), maka akan diamakan," ujarnya.

Rita menegaskan, apabila kedapatan seorang ibu-ibu yang sengaja memanfaatkan anak-anaknya untuk turun ke jalan, pihaknya akan mempertanyakan hal tersebut.

"Kalau dia beserta orang tuanya, maka orang tuanya akan kita panggil. Kenapa sampai anak itu dipekerjakan, artinya itu pekerja anak," tegasnya.

Tindakan dari Dinas Sosial dan PPPA Kota Pangkalpinang, kata Rika, pihaknya selalu mewujudkan Kota Pangkalpinang sebagai Kota Layak Anak. Salah satunya mengawasi anak-anak seperti di jalan tersebut.

"Kami selalu melakukan patroli. Pada prinsipnya kita pantau dan patroli, sehingga jangan sampai mereka berkeliaran khususnya di jalan karena anak-anak masa nya mereka untuk bermain dan berkreasi. Di samping itu, kita juga melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah," kata Rita.

"Termasuk kita mengamankan anak-anak yang memang mereka tidak pada waktunya untuk bekerja tetapi waktunya mereka untuk sekolah," imbuhnya. (DD/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL