Pasang Air Laut Mencapai Dua Meter di Empat Wilayah Perairan di Babel

HendriDede    •    Selasa, 22 Oktober 2019 | 22:42 WIB
Lokal
Data pasang air laut BMKG Pangkalpinang. (ist)
Data pasang air laut BMKG Pangkalpinang. (ist)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - BMKG Kota Pangkalpinang memberikan peringatan dini mengenai pasang maksimum air laut laut di pesisir Provinsi Kepulauan Babel yang diprakirakan mencapai lebih dua meter.

Peringatan dini pasang air laut maksimum ini berlaku 24 jam, mulai pukul 01.00 WIB, Rabu (23/10/2019).

Wilayah yang berpotensi pasang maksimum air laut mencapai lebih dari dua meter atau lebih berpeluang terjadi di Sungailiat Kabupaten Bangka, Toboali Kabupaten Bangka Selatan dan Membalong Kabupaten Belitung serta Pangkalpinang memiliki pasang surut setipe dengan Sungailiat.

Pasang air laut maksimum di bawah dua meter dapat terjadi di wilayah Muntok, Belinyu Kabupaten Bangka, Tanjungpandan Belitung dan Kelapa Kampit Kabupaten Belitung timur.

Kepala Seksi data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang Kurniaji mengatakan untuk beberapa daerah dengan pasang air laut yang mencapai 2 meter, dapat lebih memperhatikan informasi dimaksud.

"Sehingga semua aktifitas yang terkait dengan pasut seperti bongkar muat barang dari kapal dan juga kegiatan tranportasi dengan kapal laut khususnya waktu dan lokasi sandar kapal di pelabuhan bisa tetap berjalan dengan kendala berarti," ujarnya. (Dede/wb)