Bahas Kapal Trawl, Komisi II DPRD Babar ‘Panggil’ DKP

Rapat dengar pendapat Komisi II DPRD Bangka Barat dengan DKP Bangka Barat membahas maraknya kapal trawl di Perairan Muntok.(rul/wb)
Rapat dengar pendapat Komisi II DPRD Bangka Barat dengan DKP Bangka Barat membahas maraknya kapal trawl di Perairan Muntok.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com – Komisi II DPRD Kabupaten Bangka Barat menggelar pertemuan dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bangka Barat, Jumat (4/10/2019) di Ruang Komisi II Gedung DPRD Bangka Barat.

Pertemuan ini sebagai tindak lanjut laporan dari masyarakat terutama nelayan yang mengeluhkan kehadiran kapal trawl di perairan Bangka Barat.

Rapat dengan pendapat tersebut dihadiri Ketua Komisi II beserta anggota dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat dengan staffnya.

Ketua Komisi II DPRD Bangka Barat,  Herwanto langsung mempertanyakan kebenaran kapal trawl yang ada di perairan Muntok itu dan tindakan yang dilakukan.

"Kita menanyakan langkah-langkah apa yang sudah diambil DKP dan dijelaskannya wewenang kelautan dalam undang-undang ke provinsi," ungkap Herwanto usai dengar pendapat.

Herwanto menjelaskan DKP sedang melakukan koordinasi dengan Pos Angkatan Laut dan Satuan Polisi Air Polres Bangka Barat untuk memantau kondisi di lapangan.

"Dan pihak pemprov juga kemarin telah mengambil langkah-langkah. Sejauh mana tindakan-tindakan yang mereka lakukan. Menurut komisi 2 sudah tepat langkah mereka," tutur politisi Gerindra ini.

"DKP Provinsi Bangka Belitung dan DKP Bangka Barat sudah mengirim tim dan mendatangi TNI Angkatan Laut begitu juga Polairud meminta ko0rdinasi dengan mereka,” kata Herwanto.

Herwanto menjelaskan DKP Provinsi Bangka Belitung dan Kabupaten Bangka Barat juga telah memasang spanduk larangan operasi kapal trawl di Bangka Barat khususnya Muntok.

"Dan untuk itu DKP provinsi dan kabupaten telah melakukan pemasangan spanduk larangan menggunakan trawl berikut sanksi Undang-undang perikanan. Sejauh ini masih kita pantau. Kalau seandainya masih ada kapal trawl maka  akan didatangka kapal patroli,” tukas Herwanto.(rul/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE