Rudianto Tjen Keempat Kalinya Dilantik Sebagai Anggota DPR RI

Abeng    •    Selasa, 01 Oktober 2019 | 11:10 WIB
Nasional
Rudianto Tjen.(wb)
Rudianto Tjen.(wb)

JAKARTA,www.wowbabel.com -- Tiga jatah kursi anggota DPR RI dari Provinsi Bangka Belitung dilantik hari ini, Selasa (1/10/2019).

Rudianto Tjen satu diantara wakil Bangka Belitung di DPR RI Periode 2019-2024. Kader PDI Perjuangan ini mencatatkan diri empat kali berturut sebagai wakil Bangka Belitung di Senayan.

Dua rekan Rudianto lainnya di Senayan diisi wajah baru, Bambang Pati Jaya dari Golkar dan Zuristiyo dari Nasdem.

"Terimakasih atas kepercayaan rakyat Babel kepada PDI Perjuangan dan saya sebagai kader yang dipercaya kembali oleh rakyat agar memberi manfaat bagi Babel," ujar Wakil Bendahara DPP PDI Perjuangan ini dalam pesan singkatnya, Selasa (1/10/2019).

Sosok Rudianto Tjen sangat dikenal warga Babel sebagai politisi yang santun dan berjiwa sosial. Selama dipercaya mewakili Babel di Senayan, Rudianto dengan program operasi katarak gratis setiap tahun diikuti oleh ribuan warga di Pulau Bangka maupun Belitung.

"Saya terbantu sekali oleh Pak Rudianto yang melaksanakan operasi katarak hingga saya bisa melihat normal. Orangnya baik dan ramah. Bukan saya saja, pasien katarak kemarin ratusan orang yang ikut," ujar Zainah (56) asal Bangka Tengah peserta operasi katarak Rudi Center tahun 2017.

Tidak saja operasi katarak gratis yang sudah melekat dengan sosok Rudianto. Berbagai kegiataan sosial lainnya di Babel oleh organisasi dan kelompok masyarakatpun kerap dibantu Rudianto Tjen.

Di kalangan internal PDI Perjuangan, Rudianto juga dikenal dengan komitmennya dalam memperjuangkan partai.

"Kalau Pak Rudianto kita sudah taulah seperti apa sosoknya dan komitmennya yang didedikasikan untuk partai, maka beliau dipercayakan Ibu Ketum menjabat lagi sebagai wakil bendahara ," kata Hasto Kristiyanto Sekjen PDI Perjuangan saat acara Konsolidasi Internal DPD PDI Perjuangan Babel akhir September lalu.

Untuk jatah Babel di DPR RI sejak Pemilu era reformasi 1999 hinggan 2019 tidak pernah lepas dari PDI Perjuangan. Partai besutan Hj Megawati Soekarno Putri ini di Babel keluar sebagai pemenang.

Pada Pemilu 2019, suara PDI Perjuangan di Babel meningkat drastis, yakni 169.644 suara, lebih dari separuhnya sekitar 90.000 suara adalah sumbangan suara pribadi Rudianto Tjen.

Kursi kedua jatah Babel di Senayan periode 2019-2024 berhasil dipertahankan oleh Golkar dengan 101.681 suara. Dan Nasdem memperoleh 83.447 suara berhasil merebut satu kursi tersisa dari Babel sekaligus menyingkirkan Gerindra sebanyak 75.153 suara dan kursi yang dikuasai Demokrat selama dua periode.

Rudianto Tjen mulai karir politik tahun 1999. Sebelumnya Rudianto adalah seorang pengusaha di Jakarta. Kelahiran Sungailiat 27 Mei 1958 ini terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Bangka dari daerah pemikihan Pemali pada Pemilu 1999.

Rudianto menjabat bendahara PDI Perjuangan baik di tinglat DPC hingga DPD di Babel. Pada Pemilu 2004, Rudianto bertarung untuk pemilihan DPR RI. Sejak itu, kursi Babel di Senayan tidak pernah lepas dari Rudianto Tjen.

Suami dari Priyanti A Wijaya ini sempat mencalonkan diri sebagai calon Bupati Bangka periode 2008-2013. Namun tidak berhasil karena Rudianto Tjen lebih cocok di kursi legislatif dekaligus tenaganya sangat diperlukan oleh DPP PDI Perjuangan.

Selasa 1 Oktober 2019, Rudianto bersama 575 anggota DPR periode 2019-2024 dilantik kembali. Ini untuk keempat kalinya Rudianto Tjen disumpah sebagai wakil rakyat mengemban amanah hingga lima tahun kemudian.(wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL