VIDEO : Pelaku Pembakaran Hutan Ditangkap, Terancam 15 Tahun Penjara

Dwi H Putra    •    Selasa, 24 September 2019 | 22:06 WIB
Video Kite
Video konferensi pers Forkopimda Bangka terkait penangkapan tersangka pemkabaran hutan dan lahan di Merawang. (Dwi HP/wowbabel)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com - Polres Bangka mengamankan Dedi Irawan (42) warga Jalan Aik Kacip Kelurahan Kuto Panji Kecamatan Belinyu, karena melakukan dengan sengaja membakar hutan dan lahan (Karhutla) yang mengakibatkan tiga lahan seluas 10 hektar, 0,5 hektar dan 1x2 meter terbakar.

"Tersangka dengan sengaja membakar hutan di Dusun Air Anget Stasiun 6 Desa Gunung Pelawan Kecamatan Belinyu, di Dusun Air Anget Parit 14 Desa Gunung Pelawan Kecamatan Belinyu dan lokasi ke tiga masih sama di Dusun Air Anget Desa Gunung Pelawan Kecamatan Belinyu," kata Kapolres Bangka, AKBP Aris Sulistyono SH MH saat pers release di Sungailiat, Selasa (24/9/2019). 

"Pembakaran waktu dengan disparitas kurang lebih hanya 10 sampai 15 menit saja," ujarnya. 

Dijelaskan Kapolres Bangka, pembakaran dilakukan tersangka pada tanggal 22 September 2019 jam 16.50 WIB pada TKP yang pertama dilanjutkan pada lahan berikutnya. 

Modus operandi yang dilakukan oleh tersangka dalam melakukan pembakaran dengan satu buah korek gas yang disulutkan pada rambut yang kering sehingga membakar hutan dan lahan tersebut. 

"Tersangka dikenakan Pasal 78 juncto Pasal 50 Ayat 3 huruf d Undang-undang RI Nomor 41 tahun 1999 tentang Kehutanan yang berbunyi siapa dengan sengaja membakar hutan maka dihukum dengan ancaman pidana penjara paling lama 15 tahun," jelas Kapolres Bangka. 

"Selain itu dikenakan Pasal 187 KUHP



1   2