Akibat Kekeringan dan Kebakaran, Hot spot di Bangka Belitung Meningkat

Data hot spot.(sumber: BMKG)
Data hot spot.(sumber: BMKG)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- BMKG Depati Amir Pangkalpinang Bangka Belitung menyampaikan jumlah titik panas di Babel meningkat akibat kekeringan dan kebakaran hutan.

Namun Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) yang  meningkat khususnya di Kabupaten Bangka Barat tidak akan menimbulkan hujan asam dan kabut.

"Yang kami pantau adalah titik panas (hot spot), hingga saat ini sepengetahuan saya belum pernah ada hujan asam yang terjadi di wilayah Bangka Belitung,” ungkap Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Depati Amir Pangkalpinang, Kurniaji Msi, Senin  (09/08/2019).

Kurniaji mengatakan kecil kemungkinan Bangka Barat akan dilanda kabut efek kekeringan dan kebakaran hutan yang marak terjadi.

"Kalau kabut sebagian besar kejadiannya di musim hujan, di periode tersebut, suhu yang rendah dan kelembaban yang tinggi sebagai salah satu faktor pendukungnya," jelas kurniaji.

Terpantau oleh BMKG tanggal 7 September 2019 pukul 00-23 UTC yakni titik panas Kabupaten Bangka 12, Kabupaten Bangka Barat 3, Kabupaten Bangka Selatan 15, Kabupaten Bangka Tengah 3, Kabupaten Belitung 5, dan Kabupaten Belitung Timur 4.

"Kalau yang dimaksud kabut asap, terakhir kita pernah terkena dampak pada tahun 2015, namun setelah tahun tersebut hingga hari ini belum terpantau ada kabut asap yang cukup luas dan mengganggu," terangnya.

"Di Bangka Barat potensi kabut asap selalu ada, namun dari data kejadian yang ada selama awal Juli sampai dengan hari ini, kejadian karhutla di Babel hanya terjadi dengan luasan kurang dari 1,5 hektar sehingga asap yang timbul sebagai dampak dari karhutla juga tidak sebesar jika kita bandingkan dengan di daerah Kalteng, Kalbar dan Riau,” tutur Kurniaji.

Kurniaji memperkirakan kecil kemungkinan Bangka Barat akan dilanda kabut asap hingga saat ini dilihat dari pantauan BMKG.

"Asap kiriman dari daerah lain juga belum terpantau di wilayah Bangka Belitung,” tukas Kurnaji.(rul/wb)



MEDSOS WOWBABEL