Ribuan Kota Suara Pemilu 2019 Belum Dimusnakan

Ribuan kota suara masih tersimpan di Gudang KPU Bangka Barat.(rul/wb)
Ribuan kota suara masih tersimpan di Gudang KPU Bangka Barat.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Ketua KPU Bangka Barat Pardi menyampaikan pemusnahan kardus kotak suara masih menunggu arahan dari KPU (Komisi Pemilihan Umum) RI.

"Sifatnya tetap belum tau nunggu petunjuk KPU RI, kalau aturan dulu itu dimusnahkan setelah 5 tahun tapi ini sekarang aturan baru, beda," kata Pardi ketika ditemui di Sekretariat KPU kabupaten Bangka Barat hari ini (06/09/2019).

Pardi menuturkan pemusnahan kotak suara, surat suara, ataupun formulir tetap harus mengirim surat ke KPU RI terlebih dahulu untuk persetujuan.

"Dalam pemusnahan beda-beda, kalau aturan yang baru untuk surat suara itu sebulan setelah dilantik, formulir bisa dua tahun arsip setelah disimpan tiga tahun ada bahasa aktif dan inaktif 3 sampai 5 tahun, pada dasarnya nunggu petunjuk pusat," jelasnya.

Pardi menjelaskan pemusnahan tidak hanya dilakukan dengan cara dibakar tapi bisa dilelang, daur ulang, ditenggelamkan atau digunakan untuk keperluan lain,

"Jika jumlahnya tidak banyak atau sedikit kemungkinan baru dimusnahkan dengan cara dibakar, seperti kemarin yang surat suara lebih itu kan sedikit jadi dibakar," ujarnya.

 

Pardi mengungkapkan ada sekitar 2.500 kardus kotak suara, dan sekitar 640.000 surat suara saat ini disimpan untuk dimusnahkan sementara formulir biasanya disimpan sebagai arsip.

"Berapa gramnya harus ditimbang dahulu, formulir C1 tidak dimusnahkan walaupun dasarnya boleh dimusnahkan, kalau surat suara sebulan sudah dilantik, kalau kotak suara ini tidak dijelaskan di aturan tapi yang jelas semua ini dimusnahkan nunggu pusat," tutur Pardi.

Pardi menyampaikan untuk tahun 2017 kebawah itu ribuan kotak suara kaleng, dan surat suara dimusnahkan dengan cara dilelang.

"Dimusnahkan sebelum Pileg kemarin 1500 an dilelang secara online, dilelang semua kalau dulu dibawah tahun 2017 kebawah. Kalau sedikit baru dibakar. Sudah habis terpakai tidak boleh dibakar," pungkasnya.

Sekretaris KPU Bangka Barat, Hasmawati menambahkan berdasarkan Peraturan KPU RI Nomor 17 tahun 2016 tentang jadwal Retensi Arsip Subtantif dan fasilitatif non kepegawaian dan non keuangan,

Surat suara dimusnahkan setelah 1 (satu) bulan pengucapan sumpah janji kemudian persetujuan dari Sekretaris Jenderal KPU RI untuk dimusnahkan.

"Retensinya satu bulan setelah pengucapan sumpah janji , surat suara . Nunggu Sekjen KPU menyurati baru bisa dihapus,” tukas Hasmawati.(rul/wb)

 



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE