PT Timah Lirik JFX daripada PLB Jokowi

Endi    •    Senin, 26 Agustus 2019 | 19:13 WIB
Ekonomi
M. Riza Pahlevi, Dirut PT Timah Tbk. (dag/wowbabel)
M. Riza Pahlevi, Dirut PT Timah Tbk. (dag/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - PT. Timah Persero Tbk resmi menggandeng BUMN lain yang bergerak dalam bidang pergudangan yaitu PT Bhanda Ghara Reksa (BGR), untuk melakukan perdagangan komoditas timah batangan yang diperdagangkan di PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) atau Jakarta Futures Exchange (JFX), meskipun Pusat Logistik Berikat (PLB) dibawah bursa ICDX yang merupakan program Presiden Republik Indonesia Jokowidodo, telah lebih dulu hadir di Provinsi Bangka Belitung.

"Mana yang memberikan manfaat bagi kita itu yang kita jalankan," kata Dikrektur Utama (Dirut) PT Timah, M Riza Pahlevi, Senin (26/8/2019).

PT Tmah enggan menggunakan PLB, karena dianggap tidak menguntungkan bagi mereka, sebab keberadaan gudang PLB tidak mencakup disuluruh wilayah operasi PT Timah.

"Salah satu contoh kami punya wilayah operasi di Kundur, kalau PLBnya ICDX minta barang kami yang ada di Kundur dibawa ke Bangka, masuk akal gak?, siapa yang kafer biaya dari Kundur ke Bangka," terang Riza.

Dia menyayangkan PLB yang tujuannya memindahkan penimbunan barang ekspor-impor yang tadinya di luar negeri ke Indonesia, khusus di wilayah Bangka Belitung tidak menyediakan gudang diseluruh wilayah operasi PT Timah.

"Kenapa dari dulu kalau memang mau bikin PLB, tidak dibikin di semua wilayah peleburan kami," ujarnya.

PT Timah enggan rugi dengan harus mengeluarkan biaya tambahan, untuk membawa Timah batang mereka, masuk gudang PLB.

"Kalau barang kita dibawa kesini (dari Kundur ke Bangka) kan menciptakan biaya baru. Kita ini bersaing dengan pesaing luar negri (global) harusnya kita itu disuppot itu harapan saya. Mudah-mudahan di bursa baru ini bisa memberi dukungan yang kita perlukan untuk bersaing dengan global," tukasnya.

Jakarta Futures Exchange (JFX) atau PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) dan PT Kliring Berjangka Indonesia (persero), resmi masuk pasar timah dunia dan memperdagangkan timah murni batangan, setelah memperoleh ijin dari Bappebti selaku otoritas dalam penyelenggaran pasar fisikĀ  untuk memperdagangkan timah murni batangan, per 21 Agustus 2019.

PT. BBJ kemudian melakukan lounching dan eksport perdana bekerjasama dengan penjaminan penyelesaian transaksi dan kliring kepada PT. Kliring Berjangka Indonesia ( persero ), serta menggandeng PT. GBR yang bergerak dibidang pergudangan logistik.

Kegiatan launching dan ekspor perdana, dilaksanakan di Gudang BGR Malahayati, yang terletak di jalan Ketapang nlNo. 77, Pangkalpinang Bangka Belitung, Senin 26 Agustus 2019.

Kehadiran BBJ dinilai memberikan harapan baru, dengan sistem yang lebih baik lagi agar mampu mendominasi dan mengendalikan harga timah dunia, yang bermuara pada peningkatan penerimaan negara serta kesejahteraan masyarakat Bangka Belitung. (dag/wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL