KWP : Lowongan PHL PT Timah Muntok Hoax

Kepala PT. KWP, Aad Tirta Fujaka. (Chairuil/wowbabel)
Kepala PT. KWP, Aad Tirta Fujaka. (Chairuil/wowbabel)

MUNTOK, www.wowbabel.com - Kepala PT. KWP (Koperasi Warga Peltim) menegaskan pihak yang beberapa hari lalu mengumumkan PT. Timah Tbk membuka lowongan kerja adalah Hoaks alias tidak benar.

PT. KWP sebagai mitra PT. Timah Tbk yang dipercaya merekrut pegawai menyayangkan pelaku Hoaks bernama Okta (25) warga Muntok yang telah menyebarkan hoaks tersebut.

"Beberapa hari kemarin seorang wanita memposting lewat wa (whatsapp)-nya bahwa ada perekrutan pegawai Timah dan itu saya nyatakan Hoaks dan merugikan KWP. Akibat informasi itu membuat kepercayaan masyarakat kepada kami nantinya jadi turun, maka kami tegaskan," ujar Kepala PT. KWP, Aad Tirta Fujaka di ruangannya Jumat (9/8/2019).

"Dia telah menyebar hoaks akibat hal itu informasi palsu, menyebar ke sosmed dan status FB sehingga merugikan KWP, kemarin sudah kami panggil ke kantor, mengaku salah dia untuk mempertanggungjawabkan mengklarifikasi lewat sosmed instagram, wa, Facebook bahwa dia telah membuat Hoaks," terang mantan aktivis 1998 PMII cabang kota Palembang ini.

Fujaka mengatakan, akibat berita Hoaks itu masyarakat berbondong-bondong datang ke kantornya untuk mengantar lamaran hingga sampai ratusan orang.

"Hari ini dia bersedia membuat surat pernyataan minta maaf dengan KWP, berita ini berita hoaks KWP tidak ada menerima untuk PHL timah seperti yang dituduhkan dia," kata Fujaka.

Adapun teks tulisan info hoaks yang disebarkan lewat WhatsApp itu "dibukakan loker pekerjaan utk d pt.timah TBK, surat lamaran d antar ke kantor KWP, max 25 umum .. (ce, co), SMA sederajat (tes)" ditunjukkan Aad Fujaka.

"Kalau KWP membuka lowongan resmi yang mendaftar pasti dipanggil. Berita hoaks, nanti orang kecewa sudah sampai beratus lamaran masuk akibat itu," tandasnya.

 

Tidak Berniat Menjelekkan

Sementara itu, Okta ketika dikonfirmasi membenarkan dirinya telah menyebar Hoaks tiga hari yang lalu dan sudah meminta maaf serta klarifikasi.

"Iya, saya juga kemarin sebelum buat status kayak gitu memang tau bahwa memang banyak yang melamar ya dengar-dengar juga dari orang, terus kemarin juga sebelum saya buat status itu sempat melihat ada orang posting status juga bahwa ada pembukaan lowongan di timah," aku Okta.

Namun Okta tanpa memastikan dan mengecek kebenaran itu langsung membuat informasi lowongan itu dan menyebarkannya.

"Saya juga tidak meneliti siapa orangnya, statusnya itu langsung dihapus gitu, jadi kemarin saya mengkopi pastekan status orang itu di status saya," ungkapnya.

Okta menyesalkan perbuatannya dan mengatakan tidak akan mengulanginya lagi.

"Saya tidak berniat melakukan untuk menjelekkan saya berniat untuk menolong gitu," tutupnya. (Chairul/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL