VIDEO : Detik-detik Penangkapan Pencuri Kambuhan

Dwi H Putra    •    Jumat, 26 Juli 2019 | 18:34 WIB
Video Kite
Video penangkapan tersangka di kontrakannya oleh Tim Buser Polres Bangka. (Dwi HP/wowbabel)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Tim Buru Sergap (Buser) Polres Bangka kembali meringkus pencuri kambuhan atas nama Jemi Hariyanto (32) warga Lingkungan Nelayan 2 Kelurahan Sungailiat Kecamatan Sungailiat.

Jemi pria kelahiran Pati, Jawa Tengah ini diringkus pada Sabtu (20/7/2019) di rumah kontrakan dekat Jalan Imam Bonjol Sungailiat, tak bisa berkelit ketika Kanit Buser Polres Bangka, Ipda Eka N Zen dan anggotanya menemukan sejumlah barang bukti hasil curian.

Dari tangan Jemi, diamankan televisi, linggis, ponsel, tali hingga kendaraan motor yang dipakai untuk beraksi.

"Tersangka mengakui pernah melakukan aksi pencurian mesin tempel di Kecamatan Belinyu pada 28 Oktober 2018 yang sempat dilaporkan korban ke Polsek Belinyu," kata Kasat Reskrim Polres Bangka, AKP Ricky Dwiraya Putra seizin Kapolres Bangka, AKBP M Budi Ariyanto SIK di Sungailiat, Kamis (25/7/2019).

"Tersangka Jemi ini melakukan aksi pencuriannya di beberapa tempat kejadian perkara (TKP) di Sungailiat setidaknya ada empat TKP, namun korban tidak melapor, ada satu LP di Polsek Belinyu," ujarnya.

Dijelaskan Kasat Reskrim, tersangka beraksi dengan cara mencongkel saat membobol rumah korbannya.

"Proses penyelidikan tersangka Jemi ditangani Polsek Belinyu terkait laporan pencurian mesin tempel disana," pungkas AKP Ricky.

Akibat perbuatannya Jemi dijerat Pasal 363 KUHPidana tentang Pencurian dengan pemberatan dengan ancam pidana penjara sampai tujuh tahun.

Ditembak Polisi

Jemi Hariyanto (32) warga Lingkungan Nelayan 2 Kelurahan Sungailiat Kecamatan Sungailiat asal Pati, Jawa Tengah terpaksa dihadiahi timah panas oleh Tim Buru Sergap (Buser) Polres Bangka karena mencoba melarikan diri ketika diminta menunjukkan barang bukti hasil curiannya.

 

Jemi pencuri yang susah tiga kali masuk penjara dan menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Bukit Semut kembali diringkus pada Sabtu (20/7/2019) di rumah kontrakan dekat Jalan Imam Bonjol Sungailiat oleh Tim Buser Polres Bangka dipimpin Kanit Buser Polres Bangka, Ipda Eka N Zen.

"Saya mencoba kabur pak, supaya nggak masuk penjara lagi," kata Jemi di Sungailiat, Kamis (25/7/2019).

"Saya sudah tiga kali di penjara, akhirnya coba kabur, sudah diperingati tapi saya tetap lari," tambahnya.

Jemi mengaku beraksi ke beberapa tempat kejadian perkara (TKP) seperti mencuri di rumah warga di Rebo, Kuday, termasuk mesin tempel di Jalan Buntuk serta pencurian di Kelurahan Surya Timur.

"Saya beraksi memanfaatkan ketika rumah dalam keadaan kosong tak ada berpenghuni," sebut Jemi.

Ditambahkannya dalam melancarkan aksinya membawa peralatan seperti linggis, obeng termasuk tali untuk memanjat, hasil curian seperti barang elektronik biasanya dijual untuk berfoya-foya.

Reporter & Editor : Dwi HP



MEDSOS WOWBABEL