IAIN SAS Babel Resmi Buka Prodi Jurnalistik Islam dan Psikologi Islam

Serah terima Kepmen Agama RI tentang izin penyelenggaraan progran studi jurnalistik islam pada IAIN SAS Babel. Penyerahan Kempen dilakukan oleh Kasubdit Pengembangan Akademik Diktis kepada Ketua Prodi Jurnalistik Islan IAIN SAS Babel. (Ist)
Serah terima Kepmen Agama RI tentang izin penyelenggaraan progran studi jurnalistik islam pada IAIN SAS Babel. Penyerahan Kempen dilakukan oleh Kasubdit Pengembangan Akademik Diktis kepada Ketua Prodi Jurnalistik Islan IAIN SAS Babel. (Ist)

JAKARTA, www.wowbabel.com - Program studi Jurnalistik Islam dan Psikologi Islam telah resmi dibuka pada Institut Agama Islam Neheri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik (SAS) Bangka Belitung.

Secara resmi salinan asli Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia tentang izin penyelenggaraan program studi Jurnalistik Islam (KMA nomor 263 Tahun 2019) dan izin penyelenggaraaan program studi Psikologi Islam (KMA nomor 264 Tahun 2019) pada Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung telah diterima langsung oleh Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik, di Jakarta, Selasa (8/7/2019).

Prosesi penyerahan salinan KMA yang di mediasi oleh Dr.Yusra Jamali, M.Pd selaku ketua Lembaga Penjaminan Mutu mendapat sambutan baik dari pihak kementerian Agama Republik Indonesia. Di awali dengan sambutan dari Prof. Dr. M. Arskal Salim GP, M.Ag selaku Direktur Pendidikan Tinggi Agama Islam memberikan arahan terkait izin penyelenggaraan.

"Iizin pembukaan dua prodi baru IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung diberikan sebagai upaya pengembangan kampus dalam rangka mendekatkan akses pendidikan kepada masyarakat, sesuai kebutuhan masing-masing perguruan tinggi,” ungkap Direktur Pendis Kemenag RI.

H. Solahuddin Ahmad, S.E, M.M selaku Kasubdit Pengembangan Akademik Diktis menyerahkan salinan asli KMA kepada Yandi Hafizallah, M.A ketua program studi Psikologi Islam dan Amrullah, M.S.I ketua program studi Jurnalistik Islam.

“Penyerahan KMA tentang Izin Penyelenggaraan program studi Psikologi Islam dan Jurnalistik Islam pada IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung adalah bahagian dari pemberian izin penyelenggaraan program studi baru oleh Kementerian Agama Republik Indonesia kepada 22 perguruan tinggi negeri dan swasta, yang terdiri dari 27 prodi,” ungkap Kasubdit Pengembangan Akademik Diktis Kemenag RI.

Surat KMA tersebut, yang diterima IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung adalah proses panjang dari pengajuan borang akreditasi pendirian program studi kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang telah menilai pemenuhan syarat untuk menyelenggarakan program studi Psikologi Islam dan Jurnalistik Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, yang tertuang dalam SK Ban-PT nomor 4/SK/BAN-PT/Min-Akred/II/2019 tentang pemenuhan persyaratan minimum akreditasi program studi pada perguruan tinggi keagamaan Islam.

“Dalam rangka mewujudkan amanat transformasi kelembagaan dari STAIN menjadi IAIN salah satunya dengan membuka berbagai prodi yang relevan kebutuhan market dan masyarkat dari beberapa fakultas di IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Sekarang Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam telah menerima sk prodi baru yaitu Psikologi Islam dan Jurnalistik Islam. Kedua prodi baru ini diharapkan dapat melahirkan output alumni berlandaskan Psikologi islam yang outcame sebagai konselor, asisten psikolog dan harapannya sebagai seorang psikolog ke depannya di berbagai lembaga. Demikian juga jurnalistik dapat melahirkan jurnalis islam yang profesional dalam bidang komunikasi dan pengelolaan media”, ungkap Rektor IAIN Syaikh Abdurrahaman Siddik Bangka Belitung Dr. Zayadi, M.Ag.

Rektor IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung juga menyampaikan bahwa pada semester ini melalui jalur mandiri penerimaan mahasiswa baru, kedua prodi tersebut telah bisa menerima calon mahasiswa baru. Oleh karena  itu, sekarang masyarakat di Bangka Belitung memiliki kesempatan yang sangat luas untuk mendalami kedua bidang tersebut (Psikologi dan Jurnalistik) di IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. (*)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL