Hadapai Guguatan Tiga Parpol, KPU Pangkalpinang Siapkan 15 Kardus Berkas

Endi    •    Selasa, 09 Juli 2019 | 16:52 WIB
Pilkada
Komisioner KPU Pangkalpinang, Yusmasyadi.(dag/wb)
Komisioner KPU Pangkalpinang, Yusmasyadi.(dag/wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Partai Bulan Bintang (PBB) mengguat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang ke-Mahkamah Konstitusi (MK), terkait perselisihan Pemilu 17 April lalu di Daerah Pemilihan (Dapil) III Kecamatan Gerunggang dan Tamansari.

PBB menggugat setelah perolehan suaranya untuk memperebutkan kursi terakhir di dapil tersebut, kalah satu suara dari perolehan suara Partai Nasdem. Dimana PBB mengumpulkan 1821 suara, sementara Partai Nasdem meraih 1.822 suara.

"Secara umum dalil gugatan yang kita terima, mereka (PBB) mengklaim unggul pleno di PPK Gerunggang dan PPK Tamansari, tetapi fakta yang ada berdasarkan pleno dua PPK ini kursi terakhir ini diperoleh Partai Nasdem," kata Komisioner KPU Pangkalpinang, Yusmasyadi, Selasa (9/7/2019).

Seliain itu ada tiga Partai Politik (Parpol) lainnya yang juga mengajukan gugatan, di antarnya Gerindra, Berkarya dan Demokrat.

"Untuk Partai Berkarya karena lokusnya secara umum di Babel, sehingga tidak ada lokus di kabupaten/ kota dan menjadi kewenangan KPU Provinsi. Partai Gerindra dan Berkarya lokusnya ada di kabupaten/ kota, sementara PBB lokusnya khusus di KPU Kota Pangkalpinang dan itu sudah kita siapkan semua mulai dari daftar alat bukti, kronologis dan data-data pendukung lainnya," jelas Yusmayadi.

Menghadapi persoalan tersebut, Yusmasyadi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan seluruh dokumen sesuai yang diminta oleh tim kuasa KPU RI, untuk menjawab gugatan pada sidang di MK tanggal 12 Juli medatang.

"Sudah disusun daftar alat bukti dimulai dari seluruh alat bukti yang ada di TPS yaitu model C1 sampai C7, kita siapkan juga berkas berita acara yang dilakukan oleh petugas PPK mulai dari model DA1 sampai DA7, dan formulir DB tingkat KPU Pangkalpinang," paparnya.

Semua alat bukti tersebut, jelas Yusmayadi, dibuat menjadi empat rangkap. Dimana satu rangkap adalah asli yang masing-masing diberi matrai dan dilejes dari kantor pos, sebelum dilakukan foto kopy rangkap empat.

"Kita sudah membawa daftar alat bukti dari Kota Pangkalpinang, sudah sampai dan sudah diperiksa oleh tim kuasa hukum KPU RI serta sudah terima tanda bukti kelengkapan itu. Disitu semuanya ada 15 kotak/ dus alat bukti," tukasnya.(dag/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE