Molen Ingin Membangun "Kampung Pelangi" di Kota Beribu Senyuman

HendriDede    •    Kamis, 04 Juli 2019 | 20:07 WIB
Travel
Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil melihat Kampung Pelangi di Semarang. (Dede/wowbabel)
Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil melihat Kampung Pelangi di Semarang. (Dede/wowbabel)

SEMARANG, www.wowbabel.com - Walikota Pangkalpinang, H. Maulan Aklil, disela-sela kesibukannya mengikuti Rakernas XIV Apeksi, mengunjungi Kampung Pelangi Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (4/7/2019).

Terinspirasi dari Kampung Pelangi Semarang tersebut, Molen memiliki rencana untuk mendirikan sebuah 'kampung pelangi' di Kota Beribu Senyuman.

Seperti diketahui, Kampung Pelangi Semarang, awalnya adalah suatu kawasan kumuh di tengah kota Semarang. Program ini bermula dari rencana Pemkot Semarang merenovasi Pasar Bunga Kalisari yang diharapkan menjadi destinasi wisata baru. Namun setelah renovasi pembangunan selesai, ternyata langkah Pemkot Semarang ini tidak didukung oleh situasi perkampungan yang berada di belakangnya.

Kampung Gunung Brintik adalah nama Kampung Pelangi sebelumnya, merupakan kampung kumuh yang tak tertata dengan rimbunan tanaman liar dan tembok-tembok merah tak berplester. Letaknya persis di pinggir Kali Semarang.

Berangkat dari filosofi berdirinya Kampung Pelangi inilah, Molen ingin menerapkan suatu perkampungan pelangi di Kota Beribu Senyuman.

"Kami ingin mengubah sebuah wilayah yang terlihat kumuh dan sebagian warganya hidup di bawah garis kemiskinan di Pangkalpinang, bisa menjadi permukiman yang nyaman ditinggali dan dihuni serta kesejahteraan mereka menjadi lebih baik, seperti kota SENYUM (Sejahtera, Nyaman, Unggul dan Makmur)." Ungkap Molen.  

Harapannya,



1   2