Dukungan Masyarakat Tinggi, Optimis Global Geopark Diraih

Jurnalis_Warga    •    Sabtu, 29 Juni 2019 | 11:43 WIB
Lokal
Bupati Belitung  Timur, Yuslih Ihza, saat menemani dua assesor Unesco menikmati kopi di Museum Kata.(ist)
Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza, saat menemani dua assesor Unesco menikmati kopi di Museum Kata.(ist)

MANGGAR, www.wowbabel.com -- Dalam kunjungan assesor UNESCO  ke Kabupaten Belitung Timur (Beltim), mereka  mengunjungi tiga geosite dari 7 geosite yang ada, yakni Geosite Open Pit Nam Salu di Kecamatan Kelapa Kampit, Geosite Burung Mandi Kecamatan Damar dan Geosite Tebat Rasau Kecamatan Simpang Renggiang.

Bukan hanya meninjau, anggota tim penilai juga berinterakasi dengan komunitas, pelaku serta masyarakat di tiap-tiap geosite. Sambutan dari masyarakat sangat tinggi karena di seluruh geosite yang dikunjungi ramai masyarakat yang berduyun-duyun datang untuk memberikan dukungan.      

Tingginya dukungan oleh masyarakat membuat Bupati Beltim, Yuslih Ihza merasa optimis Pulau Belitong akan memperoleh status Global Geopark dari UNESCO.

“Insyallah kita optimis. Dukungan dan komitmen dari masyarakat merupakan kunci utama agar status global geopark bisa kita raih,” kata Yuslih.

Selain itu, Yuslih melihat kesan yang baik terhadap geopark Pulau Belitung juga diberikan oleh tim penilai. Ia pun meminta agar seluruh pihak dapat mendoakan Pulau Belitong dapat sukses meraih status global geopark secepatnya.

“Harapan kita status kehormatan tersebut dapat diraih. Status akan menjadi sebuah kebanggaan, dan memberikan dampak positif terutama bagi pengembangan pariwisata di Pulau Belitong,” ujar Yuslih.

Sementara itu, Ketua Geopark Belitong, Yuspian menyatakan sejauh ini semua proses assessment be



1   2