Nasdem Siapkan Basuri, Ibnu, dan Sukir Maju Pilkada

Firman    •    Kamis, 27 Juni 2019 | 14:01 WIB
Pilkada
Robert Aritonang Sektretaris DPW Partai Nasdem Provinsi Babel.(dok)
Robert Aritonang Sektretaris DPW Partai Nasdem Provinsi Babel.(dok)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Provinsi Bangka Belitung  sudah menyiapkan tiga kadernya untuk bertarung pada pada Pemilihan Umum Kepala Daerah 2020.

Nama Ibnu Saleh Bupati Bangka Tengah juga Ketua DPD Nasdem menjadi prioritas. Demikian pula dengan H Sukirman untuk Bangka Barat dan Basuri Tjahaya Purnama, mantan Bupati Beitung Timur.

“Tiga daerah kita menyiapkan kader  partai, yakni di Bangka Barat, Bangka Tengah, dan Belitung Timur.  Kader yang akan diajukan sebagai bakal calon tetap dilakukan survey,” kata Robert Aritonang Sektretaris DPW Partai Nasdem Provinsi Babel ketika dikonfirmasi, Kamis (27/6/2019).

Meski menduduki posisi sebagai kader, Robert mengatakan hasil survey dilakukanoleh partai akan menentukan apakah kandidiat yang dijaring menadapat rekomendasi dari DPP Nasdem.

“Memang untuk calon kepala daerah, tetap mengacu kepada survey.  Kandidiat yang mendapat hasil survey tertinggi  kita ajukan  ke DPP  Partai NasDem untuk memproleh rekomendasi,” tukas Robert.

Survey yang akan dilakukanoleh partai ini masih membuka peluang bagai figur di luar Nasdem untuk diusung dalam pilkada.  “Nasdem membuka kesempatan bagi figur  di luar kader. Sebab kandidat  untuk kepala daerah yang disampaikan ke DPP mengacu kepada kepada survey,” tukas Robert.

Di Provinsi Babel terdapat empat kabupaten yang menggelar Pilkada 2020, bila mengacu pada hasil Pemilu legislatif 2019, Partai Nasdem mendapat kursi di Bangka Barat, Bangka Tengah dan Bangka Selatan. Partai besutan Surya Paloh  ini merebut satu fraksi di DPRD Provinsi Bangka Belitung. Kader Nasdem, H Sukirman merebut 1 kursi DPRD Babel dari daerah Pemilihan Bangka Barat. Lalu di Daerah Pemilihan Belitung, H Zarkani mewakili  Nasdem di DPRD Babel. Nasdem Babel gagal mengirim wakilnya di PDRD Provinsi dari Dapil Bangka Tengah dan Bangka Selatan.

Untuk kursi DPRD Kabupaten Bangka Barat, Nasdem mendapat tiga kursi, sama dengan perolehan kursi PKS. Sesuai aturan, untuk mengusung calon, Nasdem masih membutuhkan partai yang memperoleh kursi di DPRD Bangka Barat, Bangka Tengah dan Belitung timur untuk berkoalisi. (*)

Halaman