Catatan BPK Bikin Malu Erzaldi

Firman    •    Jumat, 21 Juni 2019 | 19:14 WIB
Lokal
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.(dok)
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.(dok)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Sejumlah catatan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Bangka Belitung terhadap laporan keuangan Pemerintah Provinsi Babel Tahun Anggaran 2018 membuat malu Erzaldi. Namun dia berjanji menindak lanjuti semua catatan BPK untuk diterapkan tahun 2019.

"Malu juga saya, apa yang disampaikan Pak Wid (Widhi Widayat Kepala BPK Perwakilan Babel). Saya bertanggungjawab," kata Erzaldi saat menyampaikan tanggapannya setelah mendengar sambutan Kepala BPK Perwakilan Babel.

BPK  memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan pemerintah daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun anggaran 2018. Akuntabilitas dan profesionalisme pengelolaan keuangan daerah patut jadi perhatian gubernur, karena hasil pemeriksaan BPK RI masih ditemukan sejumlah masalah dalam pengelolaan dan pelaporan anggaran.

Mulai dari keterlambatan penyerahan laporan hingga hambatan tekhnis  saat pemeriksaan karena ketidakpedukian para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Saya bersyukur atas dukungan BPKP dan Inspektorat berupaya melakukan penguatan  mendapat opini WTP. Tapi tidak sekadar WTP, kualitasnya ditingkatkan untuk itu butuh dukungan secara bersma," ujar Erzaldi.

Bagi Erzaldi yang menjadi catatan BPK agar akuntabilitas dan profesionallisme pengelola anggaran akan diimplementasikan.  Sebagaimana temuan BPK tentang pengelolaan iuran penyelenggaran pendidikan (IPP) pada sekokah di lingkungan Din



1   2