Bahas IUP Timah, DPRD Babel Bakal Gelar Rapat Banmus

Firman    •    Jumat, 21 Juni 2019 | 19:02 WIB
Lokal
Ketua DPRD Bangka Belitung, Didit  Srigusjaya.(dok/wb)
Ketua DPRD Bangka Belitung, Didit Srigusjaya.(dok/wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bangka Belitung akan kembali menggelar rapat Badan Musyawarah (Banmus) menindaklanjuti hasil rapat dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Surveyor Indonesia serta pihak Polda Bangka Belitung, Jumat (14/6/2019) lalu.

Terkait permasalahan izin usaha pertambangan (IUP) timah di Bangka Belitung, Ketua DPRD Bangka Belitung Didit Srigusjaya mengatakan, DPRD Babel akan menggelar rapat Banmus kembali.

"Jadi masalah itu kita sudah mendapatkan gambaran dari pada Kementerian ESDM waktu rapat kemarin, dan kita pun akan mengadakan kembali rapat Banmus," ungkap Didit, Jumat (21/6/2018) sore.

Lebih lanjut Didit menjelaskan setelah menggelar rapat Banmus dengan pemerintah daerah, pihaknya akan menindaklanjuti ke pemerintah pusat.

"Dan kita pun DPRD Bangka Belitung belum punya data-data yang lengkap, tapi respon Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam permasalahan ini sangat luar biasa cepat menanggapinya," urai Didit.

Sebelumnya, pada Selasa (18/6/2019) lalu, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fattah mengatakan pihaknya telah mencabut IUP (Izin Usaha Pertambangan) timah 44 dari 49 perusahaan tambang timah yang belum clear and clean (CNC).

"Di Babel ada 49 IUP non CNC.  Sebanyak 44 IUP perusahaan tambang timah ini sudah habis masa berlakunya dan tidak boleh beroperasi, tapi masih punya kewajiban dan terus kita pantau,"



1   2