Buluh Perindu Buat Jinak Penjaga Toko

Dwi H Putra    •    Selasa, 18 Juni 2019 | 22:15 WIB
Lokal
Pelaku ketika diminta keterangan setelah aksinya diketahui korban melalui rekaman CCTV mencuri emas.(dwi/wb)
Pelaku ketika diminta keterangan setelah aksinya diketahui korban melalui rekaman CCTV mencuri emas.(dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Mi (45) warga Koba, Bangka Tengah diamankan usai mencuri emas di salah satu toko emas di Sungailiat. Sebelumnya wanita yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan ini telah beberapa kali melakukan aksinya di beberapa tempat dengan memakai jimat bulu perindu.

Mi dalam aksinya sempat terekam kamera di toko emas beberapa waktu lalu, ia pun kemudian tak berkutik ketika diringkus polisi sekitar jam 12.00 WIB, Senin (17/6/2019).

Setidaknya tiga toko emas disantroninya dengan memanfaatkan kelengahan penjual, modus lainnya Mi membawa emas palsu yang disembunyikan pakai tisu di tangannya lalu ia tukar ketika memilih emas dari toko.

"Pelaku ini beraksi ketika pihak toko lengah. Selain di tiga toko emas juga sempat beraksi di toko elektronik. Aksinya sempat terekam CCTV, ia pernah menukarkan emas palsu yang dibawa dan disembunyikan pada tisu di tangannya, ditukar dengan emas palsu saat pihak toko lengah," kata Kanit Opsnal Satreskrim Polres Bangka, Ipda Ekazen kepada wartawan, Selasa (18/6/2019).

"Dari aksinya petugas sempat mengamankan barang bukti berupa cincin emas 15 mata seberat sekitar 5,65 gram," ujarnya.

Mi juga mengaku memakai jimat bulu perindu yang menurutnya dapat membuat 'jinak' penjaga toko.

"Kita sita juga benda yang disebut tersangka jimat bulu perindu, ia akui supaya orang tempat ia curi itu nurut," jelasnya.

Walau dicurigai tidak beraksi seorang diri, namun Mi memilih bungkam saat ditanya siapa rekannya beraksi dan bersikukuh sendiri dalam aksinya.

Sementara, Kasat Reskrim Polres Bangka, AKP Ricky Dwiraya Putra, mengatakan salah satu kejadian pencurian dilakukan tersangka Mi pada Rabu (12/6) sekitar pukul 12.30 WIB di Toko Emas Mutiara Indah Sungailiat.

Saat itu Mi datang ke Toko Emas Mutiara Indah dan menanyakan cincin emas 10 mata seberat 3.75 gram untuk dibeli, kemudian pihak toko mengeluarkan beberapa cincin emas 10 mata tersebut. Setelah itu Mi mengatakan kepada pihak toko untuk menunggu sebentar dan pelaku ingin mengambil uang yang ada di suaminya.

"Saat kembali ke Toko Emas Mutiara Indah meminta untuk mengeluarkan cincin emas 15 mata dengan berat 5.65 gram untuk dibeli," jelas Kasat Reskrim.

"Pelaku setelah pemilik toko mengeluarkan cincin 15 mata, pelaku tidak jadi membeli cincin emas dan kemudian meninggalkan Toko Emas Mutiara Indah, sekitar pukul 16.30 WIB pihak toko cek stok barang dan ternyata cincin emas 10 mata kurang satu dan cincin emas 15 mata kurang satu," paparnya.

Akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar kurang lebih Rp 6.050.000,- dan kemudian melaporkan kejadian ke Polres Bangka untuk penyelidikan lebih lanjut.(dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL