Mulkan "Alergi" Sungailiat Triathlon Belum Lengkap

Dwi H Putra    •    Kamis, 13 Juni 2019 | 14:38 WIB
Lokal
Suasana press conference terkait persiapan Sungailiat Triathlon 2019 yang diikuti Pemkab Bangka, penyelenggara dan tim pengamanan dari kepolisian di Tanjung Pesona Beach Resort and Spa Sungailiat.(dwi/wb)
Suasana press conference terkait persiapan Sungailiat Triathlon 2019 yang diikuti Pemkab Bangka, penyelenggara dan tim pengamanan dari kepolisian di Tanjung Pesona Beach Resort and Spa Sungailiat.(dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Bupati Bangka, Mulkan SH MH mengatakan "Alergi" jika sebuah kegiatan belum lengkap apalagi sebagai tuan rumah penyelenggara masih banyak kekurangan yang harus dilengkapi oleh pelaksana atau panitia kegiatan. Seperti diungkapkannya ketika Pers Conferece di Tanjung Pesona Beach Resort and Spa Sungailiat terkait kesiapan pelaksanaan Sungailiat Triathlon 2019.

"Saya alergi ketika dalam kegiatan masih ada perlengkapan yang belum lengkap, terutama hal-hal yang sangat dibutuhkan dalam kegiatan itu," kata Mulkan di Sungailiat, Kamis (13/6/2019).

"H-2 dan H-1 sudah tidak ada lagi kekurangan, apalagi sebagai tuan rumah harus siap lahir dan bathin," ujarnya.

Menurutnya jangan hanya ingin jadi tuan rumah penyelenggara kegiatan saja, tapi belum bisa menyiapkan dan melengkapi semuanya. Apalagi pada event tahunan ini, ada berbagai tambahan kegiatan diantaranya parade pawai budaya akan menyambut semua atlet yang bakal berlaga dalam Sungailiat Triathlon 2019, Nganggung Sepintu Sedulang, Festival Kuliner Khas Bangka dan Bazar Kerajinan Khas Bangka.

"Pemkab Bangka sangat merespon kegiatan ini, mengundang masyarakat dengan mempersiapkan kupon doorprize sebanyak 1600 lembar yang bakal dibagikan kepada masyarakat dari delapan kecamatan," jelas Mulkan.

"Hal ini supaya masyarakat tahu bahwa ada event internasional yang berlangsung di daerahnya," paparnya.

Sementara, Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Bangka, Akhmad Mukhsin SH, mengatakan pihaknya yakin kesiapan Sungailiat Triathlon 2019 ke tujuh ini sudah terpenuhi dengan baik, apalagi kegiatan ini selalu dilaksanakan setiap tahun.

"Kendati ada perubahan jalur lomba, tapi itu bukan hal berarti sebab masih dalam jalur pantai timur Sungailiat," kata Akhmad Mukhsin.

Direktur PT Pantai Timur Sungailiat dan PT Tanjung Pesona, Thomas Djuisman, saat ini pertumbuhan olahraga triathlon paling cepat di dunia dalam hal sport tourism.

"Apalagi di Bangka, lintasannya melalui pantai-pantai yang ada di timur Sungailiat, sebagai pelaksana dalam hal lokasi kegiatan kami yakin persiapan yang dilaksanakan sudah sangat baik," jelas Thomas.

"Biasanya bulan April, tapi tahun ini bulan itu merupakan bulan politik, sehingga dilaksanakan pada bulan Juni, sedangkan di Belitung pada bulan Juli," ujarnya.

Ditambahkan Thomas, kegiatan Sungailiat Triathlon 2019 pihaknya bekerjasama dengan Pandala Sport untuk pendaftaran dan Indo Race Management dalam mengelola dan mempersiapkan setiap lintasan cabang olahraga yang diperlombakan.

"Kami cukup siap menerima dan melayani tamu-tamu yang datang dari luar, terbukti semua kamar hotel di Tanjung Pesona dan Pesona Bay sudah terisi semuanya. Kami mempersiapkan sebanyak 900 kamar khusus untuk atlet dan officialnya," pungkas Thomas.

Sedangkan, dari Indo Race Management selaku konsultan pelaksana race, Ayek, mengaku sudah sering melakukan berbagai kegiatan besar triathlon seperti Marinir Triathlon dan lainnya.

"Rute sepeda sudah teratasi dengan baik terkait jalan berlobang dan berpasir tapi sudah diatasi bekerjasama dengan DPU dan Pemadam Kebakaran, sedangkan untuk renang ada kendala di ombak, tapi kami sudah coba masih bisa terlaksana sedangkan rute lari sudah sesuai dengan standart internasional," jelas Ayek.

"Mudah-mudahan cuaca pada hari pelaksanaan dapat mendukung tidak ada hujan dan lain sebagainya, demi kelancaran kegiatan lomba triathlon ini," harapnya.

Jika nanti memang cuaca buruk, seperti hujan dan ombak besar maka ada beberapa skenario yang bakal dilaksanakan seperti dihilangkan lomba renangnya dijadikan dualthlon.

"Apabila memang kegiatan tidak memungkinkan dilaksanakan akan dibatalkan, tapi semua peserta akan mendapatkan medali," pungkasnya.(dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL