Eko Wijaya Minta MK Batalkan Kemenangan Nasdem di Babel

Firman    •    Kamis, 13 Juni 2019 | 16:13 WIB
Pilkada
Tangkapan layar berkas laporan Partai Demokrat ke MK. (*)
Tangkapan layar berkas laporan Partai Demokrat ke MK. (*)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Eko Wijaya, Calon Anggota DPR RI daerah Pemilihan Bangka Belitung (Babel) asal Partai Demokrat menggugat Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas putusan hasil perhitungan suara Pemilu Legislatif 2019.

Dari temuan Partai Demokrat dalam gugatan yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi  (MK) terdapat penggelembungan suara untuk partai Nasdem sebesar 27.000 suara.

“Bahwa perolehan suara pemohoan yang benar untuk pengisian keanggotaan DPR,  DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota di beberapa daerah pemilihan adalah Provinsi Bangka Belitung dengan Pemohon Eko Wijaya Nomor urut 1, perolehan suara  digelembungkan sebesar 27.000 suara oleh partai Nasdem,” demikian  isi pokok permohonan Eko Wijaya melalui tim Advokasi DPP Partai Demokrat dalam berkas gugatan yang disampaikan ke MK.

Dalam Pokok-pokok Permohonan, Eko melalui tim hukum DPP Partai Demokrat menyatakan bahwa perolehan suara pemohon yang benar untuk pengisian keanggotaan DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota di beberapa daerah pemilihan secara umum terdapat dua jenis selisih pencatatan yang ditemukan, yakni selisih terkait pencatatan pengguna Hak Pilih Tambahan (DPTbs) dan selisih terkait Data Pengguna hak pilih Khusus (DPK). 

Dalam berkas permohonan diuraikan terdapat temuan perbedaan data pengguna hak pilih pemiih tambahan (DPTb) dan  temuan perbedaan data pengguna hak piklih khusus (DPK) TPS tersebar di Kabupaten Belitung Timur, Pangkalpinang, dan Bangka Barat.

Pada Pemilu 2019, KPU RI sudah menetapkan hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilu Legislatif 2019 untuk pemilihan calon anggota DPR RI Dapil Bangka Belitung, yakni PDI Perjuangan dengan perolehan 169.644 suara. Diikuti Partai Golkar 101.681 suara dan Nasdem sebanyak 83.447 suara. 

Baca Juga : Nadem Siapkan Dokumen Layani Gugatan Eko Wijaya

Sementara, Gerindra di posisi keempat dengan perolehan 75.153 suara disusul Partai Demokrat dengan perolehan 58.426 suara. 

Dengan perolehan suara ini, tiga kursi jatah Babel di DPR RI jatuh kepada PDI perjuangan dengan caleg suara terbanyak Ir Rudianto Tjen, Partai Golkar direbut oleh Bambang Pati Jaya, dan Partai Nasdem menempatkan caleg atas nama Zuristyo. 

Pada Pemilu 2014, Partai Demokrat berada di psosi ketiga dan berhak mendapatkan 1 kursi DPR RI Dapil Babel atas nama  Eko Wijaya.

Ketua KPU Kepulauan Bangka Belitung Davitri mengatakan, perolehan suara untuk pemilihan umum calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI telah disahkan dalam rekapitulasi nasional di Jakarta pada 5 Mei 2019.

"KPU Provinsi maupun Kabupaten/Kota mempersilahkan semua peserta pemilu termasuk Partai Politik, melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Jika memang menurut mereka menemukan fakta-fakta atau alat bukti-bukti yang jelas saya kira sah-sah saja, untuk partai politik mengajukan gugatan," kata Davitri ketika dikonfirmasi secara terpisah. (Firman/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE