Jalan Panjang Tata Kelola Pertimahan (bagian 2)

Tim_Wow    •    Rabu, 12 Juni 2019 | 23:28 WIB
Opini
Albana
Albana

imah kepada 12 perusahaan eksportir dengan total 51.368 ton. PT Timah Tbk sebagai perusahaan penambang timah terbesar mendapat izinĀ  untuk mengirim 32.305 ton timah, lebih dari separuh kuota ekspor timah Indonesia.

Situasi ini mampu membalikkan keadaan yang sebelumnya lebih dari separuh ekspor timah batangan didominiasi oleh eksportir timah berasal dari smelter swasta. Konsistensi penerapan aturan dan penegakan hukum, menempatkan PT Timah Tbk masuk dalam barisan produsen timah dunia setingkat di bawah rasaksa timah Yunan Tin dari China. Produsen timah dari Malaysia, Thailand dan Singapura yang sempat tercatat sebagai eskportir timah dengan barang yang diambil dari Indonesia meredup.

Segala aturan yang dimulai belasan tahun bertujuan untuk menjadikan Indonesia sebagai referensi harga timah dunia. Peran Indonesia sebagai negara eksportir timah terbesar dengan pangsa sekitar 30% dari total ekspor timah dunia adalah menyelamatkan wajah bangsa, bahwa kedaulatan negara atas kekayaan yang dimiliki tak boleh dirampas oleh siapapun. (*)



   1      2      3   4