Empat Parpol di Babel Ajukan Gugatan ke MK

Firman    •    Rabu, 12 Juni 2019 | 16:02 WIB
Pilkada
Ketua KPU  Bangka Belitung, Davitri.(dok)
Ketua KPU Bangka Belitung, Davitri.(dok)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Sebanyak empat Partai Politik di Provinsi Bangka Belitung (Babel) resmi mengajukan gugatan hasil perselisihan penghitungan suara Pemilihan Umum 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Keempat partai politik tersebut, yakni  Partai Demokrat, Gerindra, Bekarya dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bangka Belitung, Davitri,  membenarkan empat parpol tersebut mengajukan gugatan hasil pemilu 2019, ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Untuk Partai Politik DPR RI, seperti Partai Demokrat, Gerindra dan Berkarya yang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait hasil pemilu 2019 kemarin," ungkap Davitri, Rabu (12/6/2019) kepada Wowbabel.com di ruang kerjanya.

Sedangkan untuk Kabupaten/Kota lanjut Davitri ada dua partai politik, seperti di Pangkalpinang yakni Partai Bulan Bintang (PBB) dan Kabupaten Bangka Selatan, Partai Demokrat.

"Partai-Partai Politik itu, mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait jumlah selisih suara partai mereka yang diklaim tidak sesuai apa yang terjadi dengan hasil," urai Davitri.

Menurut Davitri, pihaknya merasa tidak keberatan dan mempersilakan semua peserta pemilu termasuk partai politik melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi.

"Jika memang menurut mereka menemukan fakta-fakta atau alat bukti-bukti yang jelas saya kira sah-sah saja, untuk partai politik mengajukan gugatan," imbuh Davitri.

Selain itu Davitri juga menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan alat-alat bukti mulai dari rekapitulasi secara berjenjang, kemudian juga formulir C1, jika terjadi perbaikan terhadap C1 itu, yang telah tertuangkan dalam formulir D2 dan diketahui oleh saksi masing-masing partai politik dengan membuka C1 Plano atau membuka surat suara beberapa daerah.

"Karena kita dari KPU, sudah menyiapkan dokumen-dokumen itu, baik dari data pemilih, sosialisasi tahapan kampanye dan pemungutan penghitungan suara dan rekapitulasi, kita pun sudah bekerja sesuai prosedur dan akan kita sampaikan dengan fakta-fakta bukti-bukti yang jelas," terang Davitri.

Sedangkan untuk DPRD provinsi menurut Davitri tidak ada parpol yang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dan pihaknya sudah melakukan pengecekan di website resmi MK.

 

"Terkait penetapan para caleg terpilih, untuk Kabupaten/Kota nanti, dua Kabupaten/Kota seperti Bangka Selatan dan Kota Pangkalpinang, nanti akan menunggu hasil register dalam buku Mahkamah Konstitusi (MK), tapi kabupaten lainya pada tanggal 1 Juli nanti, jika buku register dari MK tidak terganggu maka akan kita tetapkan," tutur Davitri.

Sedangkan untuk DPR RI, yang akan menetapkannya adalah Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI).

"Kalau DPRD Provinsi kita KPU Provinsi Babel yang akan menetapkan pasca penerbitan buku register yang dikeluarkan Mahkamah Konstitusi (MK) pada tanggal 1 Juli nanti," tukas  Davitri.(fn/wb)

 



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE