Plat Luar Dominasi Arus Balik dari Pelabuhan Tanjung Kalian

Chairul Aprizal    •    Senin, 10 Juni 2019 | 23:00 WIB
Lokal
GM ASDP Indonesia Ferry cabang Bangka, Rudy B Hanafiah. (Chairul/wowbabel)
GM ASDP Indonesia Ferry cabang Bangka, Rudy B Hanafiah. (Chairul/wowbabel)

MUNTOK, www.wowbabel.com - GM ASDP Indonesia Ferry cabang Bangka, Rudy B Hanafiah mengungkapkan, saat ini jumlah kendaraan penumpang arus balik lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah yang melalui pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Bangka Barat (Babar) didominasi oleh kendaraan luar pulau Bangka.

"Kalau dilihat, banyak plat luar semua yang menyeberang dari sini, paling jauh itu Sumba, ada yang Banyuwangi plat P, Sumbawa plat EA paling jauh," ujarnya, Senin (10/6/2019) malam.

"Kalau lihat pribadi, P Banyuwangi, N itu Malang ada, plat luar semua, kalau untuk yang masuk ke Bangka arus balik banyak plat lokal BN, BG," imbuhnya.

Data yang diperoleh ASDP Indonesia Ferry cabang Bangka, ungkap Rudy baru sampai H+3, atau hari Minggu kemarin sementara untuk hari ini masih diproses.

"Paling banyak melihat data ini, justru gila-gilaan di arus balik ada yang paling banyak sampai 14 trip di arus balik, kalau dari TAA (Tanjung Api-api) ada yang sampai 15 trip paling banyak itu," kata Rudy.

ASDP cabang Bangka mencatat, kendaraan roda empat pada arus balik terhitung sejak lebaran pertama sampai H+3 kemarin berjumlah 1.828 unit kendaraan.

Dibandingkan dengan arus mudik dari H-10 sampai H-1 lebaran, kendaraan roda empat berjumlah 2.668 unit.

"Kalau data TAA arus balik kendaraan roda empat dari lebaran pertama sampai H+2 berjumlah 1.290 unit. Dan saat arus mudik kemarin kendaraan



1   2