Perang Ketupat Belum Jadi Potensi PAD Bangka Barat

Keman, Tokoh Adat Desa Tempilang. (Chairul/wowbabel)
Keman, Tokoh Adat Desa Tempilang. (Chairul/wowbabel)

MUNTOK,www.wowbabel.com - Pesta adat Perang Ketupat desa Tempilang kecamatan Tempilang kabupaten Bangka Barat yang digelar hari ini (28/04/2019) ramai dikunjungi masyarakat dari luar daerah.

Berdasarkan pantauan wartawan, ratusan pengunjung mulai memadati sepanjang jalan desa Tempilang sejak pagi tadi dan ada masyarakat yang mengaku telah menginap di semalam sebelumnya.

Pesta adat Perang Ketupat dilaksanakan sekitar pukul 09.30 Wib dengan dihadiri oleh Bupati Bangka Barat, Kapolres Bangka Barat, dan Dandim 0431/Bangka Barat.

Humas Polres Babar menyampaikan untuk membantu pengamanan desa Tempilang yang dipadati pengunjung, Polres menerjunkan 97 personil yang dipimpin langsung oleh Kabag Ops Andi Haloho.

Tokoh Adat Desa Tempilang Keman menyampaikan kalau tradisi Perang Ketupat ini telah lama dijalankan sejak tahun 1801.

"Tradisi ini kita lakukan setahun sekali, Dulunya hanya 7 butir ketupat sekarang kita siapkan ratusan karena yang bisa ikut perang bisa pengunjung juga," katanya.

"Alhamdulillah tradisi ini tetap terlaksana rutin dan menarik minat pengunjung dari luar tertarik kesini sekaligus ruwahan kan," imbuh Keman.

Keman mengakui dirinya bukanlah pewaris, hanya sebagai penerus tradisi bersejarah ini agar budayanya tidak luntur.

Sementara itu Bupati Bangka Barat Markus juga mengakui kalau acara Perang Ketupat itu sudah jadi agenda bukan hanya di Babar tapi se-Nasional.

"Bisa menarik wisatawan, mereka ingin menyaksikan pesta adat, di Bangka Barat ini cukup banyak yang datang memberikan atensi yang tinggi," sebut Bupati Bangka Barat.

Namun Markus menyebutkan belum ada strategi pemerintahan untuk membuat pesta adat Perang Ketupat ini sebagai potensi untuk meningkatkan PAD.

"Akses jalan sudah bagus ya kesini, kita belum ada strategi meningkatkan PAD (pendapatan anggaran daerah) dari Perang Ketupat ini", terangnya. (Rul/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL