KPU Bangka Siapkan Enam Tim Rekapitulasi

Tim Situng KPU Kabupaten Bangka terus mempersiapkan diri untuk melakukan proses penghitungan suara Pemilu 2019.(dwi/wb)
Tim Situng KPU Kabupaten Bangka terus mempersiapkan diri untuk melakukan proses penghitungan suara Pemilu 2019.(dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka menyiapkan enam tim guna merekapitulasi perolehan suara yang disampaikan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS)  dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan selanjutnya disampaikan ke KPU Provinsi Babel dan KPU RI.

Dikatakan Komisioner KPU Kabupaten Bangka Divisi Teknis Penyelenggaraan, Iman Supiar, pihaknya sudah menginstruksikan KPPS dan PPK untuk segera menyampaikan C1 supaya dimasukkan dalam sistem hitung (Situng) yang dimiliki KPU.

"PPK dari PPS sudah kami minta untuk membawa C1 ke KPU mulai pukul 12.00 WIB, tapi sampai saat ini belum ada satu pun kecamatan yang mengirimkannya," kata Iman Supiar di Sungailiat, Kamis (18/4/2019).

"Rata-rata selesai proses penulisan salinan di TPS, otomatis mereka mengirimkan itu agak lama karena harus dipacking ke dalam amplop C1, angkanya benar harus dipastikan angkanya sesuai dengan yang ada di plano," ujarnya.

Iman menjelaskan PPS dan PPK tidak mau mengirimkan data itu, apabila memang belum lengkap dikhawatirkan akan merepotkan pada saat proses di KPU.

"Kami targetnya setiap hari itu harus masuk satu atau dua kecamatan sesuai yang dikirim ke KPU," jelasnya.

C1 dari 871 TPS se-Kabupaten Bangka yang masuk ke KPU kemudian di-scan (pindai—red) dan pindai dan entry ke sistem hitung yang dikerjakan tim KPU yang disiapkan masing-masing tim terdiri dari tiga orang.

"Kami juga untuk proses hitung ini dikasih waktu sangat pendek yakni lima kali 24 jam dan kami pun hari ini mulai start," kata Iman.(dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL