9 Tim Bawaslu Pangkalpinang Sasar APK Pemilu

Firman    •    Minggu, 14 April 2019 | 17:46 WIB
Lokal
Penertiban APK di Pangkalpinang. (Firman/wowbabel)
Penertiban APK di Pangkalpinang. (Firman/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pangkalpinang, bekerjasama dengan Stakeholder terkait dari Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang, melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang memasuki masa tenang dimulai hari ini Minggu (14/4/2019).

Bagian Divisi Pengawasan, Bawaslu Kota Pangkalpinang, Luksin Siagan mengatakan, kita hari ini melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) di 9 titik Kota Pangkalpinang, dan kita bagi 9 tim, 1 tim untuk 1 Kecamatan, 2 tim untuk Kota.

"Dalam penertiban ini, kita juga melibatkan ada beberapa Stakeholder terkait, untuk membantu kita seperti Dinas Perhubungan, Perkim karena kita menggunakan alat berat," kata Luksin.

Untuk penertiban sendiri, BawasluBawaslu bekerjasama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (SatpolPP) Pangkalpinang, Sedangakan dalam pengamanan dari pihak Kepolisian.

"Jumlah APK yang kita tertibkan hari ini, belum bisa dihitung ada berapa banyak yang kita tertibkan, karena masih menginventarisasi semua jadi belum bisa kita hitung," ungkapnya.

Akan tetapi dari hasil inventarisasi penertiban APK ini nanti, sudah bisa dihitung semua karena Bawaslu akan terus melakukan penurunan APK. 

"Karena kita Bawaslu, ini baru hari pertama melakukan penertiban dan akan kita lanjutkan di hari-hari berikutnya karena masih banyaknya Alat Peraga Kampanye (APK)," ujar Luksin.

Penertiban akan dilakukan sampai dengan hari Selasa tanggal 16. Sementara untuk jenis APK yang paling banyak ditertibkan adalah jenis Baleho.

"Sampai saat ini untuk kita melakukan penertiban belum ada kendala atau pun kesulitan, karena juga sudah ada sebagian yang telah diturunkan," papar Luksin.

Lanjut Luksin, pihaknya juga sudah mengimbau kepada para caleg atau Paslon untuk tidak melakukan kampanye.

"Karena sekarang ini sudah memasuki masa tenang, kalau masih ada para calon yang masih melakukan kampanye di masa tenang, akan kita lakukan tindakan tegas sesuai dengan tugas kita," tegas Luksin.

Luksin menambahkan, nanti Alat Peraga Kampanye (APK) yang sebagiannya telah dikumpulkan di Kantor Sekertariat Panwascam Kota Pangkalpinang masing-masing.

"Dan kemudian akan dibawa ke Kantor Bawaslu Kota setelah itu akan dilakukan pemusnahan," tukas Luksin. (Firman/wowbabel)



MEDSOS WOWBABEL